Show simple item record

dc.contributor.authorIsmail, Rifky
dc.contributor.authorAldiyaz, Fakhri
dc.contributor.authorBakar, Mulyamin Abu
dc.contributor.authorNugroho, Sri
dc.date.accessioned2019-02-16T06:33:18Z
dc.date.available2019-02-16T06:33:18Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10639
dc.description.abstractCamshaft adalah suatu elemen penting pada motor bakar torak yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup katup hisap dan buang ketika proses pembakaran berlangsung. Dalam prinsip kerjanya camshaft menerima beban tekan dan gesek pada permukaannya dan beban puntir pada bagian dalamnya sehingga dibutuhkan permukaan yang keras tetapi tetap ulet pada bagian dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penggunaan 2 jenis frekuensi induksi yang berbeda: 49 kHz (2 lilitan)dan 56 kHz (3 lilitan)terhadap kedalaman pengerasan, nilai kekerasan dan struktur mikro yang dihasilkan dari proses pengerasan permukaan jenis quenching. Metode penelitian menggunakan teknik eksperimen dimana quenching pemanasan induksi (sekitar 875 °C), menggunakan quenchan oli, arus output maksimal 600 A, waktu penahanan pemanasan antara 15-25 detik dengan spesimen ditahan statis (tidak bergerak). Material yang digunakan untuk camshaft adalah HQ 705 yang telah dipotong bagian cam-nya. Pengerasan permukaan teknik quenching menggunakan oli ini kemudian diamati nilai kedalaman pengerasan, nilai kekerasan bersatuan HRC dan struktur mikro yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi yang lebih tinggi (56 kHz) untuk waktu pemanasan yang sama akan menghasilkan ketebalan pengerasan yang lebih tipis. Ketebalan pengerasan di daerah permukaan cam sekitar 3 mm untuk 56 kHz dan 7 mm untuk 49 kHz. Nilai kekerasan spesimen naik menjadi 49-51 HRC dari nilai awal 32 HRC. Penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi awal penggunaan teknik pengerasan permukaan untuk camshaft.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherRAPI 2018id_ID
dc.titlePENGARUH FREKUENSI ARUS INDUKSI TERHADAP DISTRIBUSI KEKERASAN PADA TEKNIK PENGERASAN QUENCHING PERMUKAAN MENGGUNAKAN TEKNIK INDUKSI STATIS PADA CAMSHAFT MESIN DIESEL 2 SILINDERid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record