dc.identifier.citation | (APJII), A. P. I. I., 2017, Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, s.l.: s.n. Denys Ignatius, S. C. B. N., 2013,Analisis Web Usability untuk Toko Rohani Online dan Usaha Perbaikannya. Jurnal Integra, Volume 3, pp. 15-24. Himawati Aryadita, D. A. W. N. H. W., 2017, Analisis Kualitas Webite E-Sommerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0, Jurnal Sistem Informasi, Volume 10(1), pp. 29-35. Indonesia, A. P. J. I., 2017, Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia , s.l.: s.n. Nahdhatuzzahra, I. B. D. T., 2016, Penerapan Usability Testing Terhadap Sistem Informasi Penyebaran Penyakit Unggas, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 03, pp. 182-194. Nielsen, J., 1994, Guerilla HCI: Using Discount Usability Engineering to Penetrate the Intimidation Barrier. Prayoga, S. H. d. S., 2010,Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction), Journal Of Information Systems, Volume Vol 6, pp. 70-79. Rizkia, C., 2015. http://selular.id/news/2015/03/38-pengakses-situs-zalora-berasal-dariponsel/, Online, Accessed Maret 2015. Santoso, I., 2009, Interaksi Manusia dan computer, 2nd ed. s.l.:Penerbit Andi. | id_ID |
dc.description.abstract | Usability adalah proses optimasi interaksi antara pengguna dengan sistem yang dapat
dilakukan dengan interaktif, sehingga pengguna mendapatkan informasi yang tepat atau
menyelesaikan suatu aktivitas pada aplikasi tersebut dengan lebih baik (Prayoga, 2010).
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengguna internet yang cukup besar,
dari hasil survei Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, pengguna
internet di Indonesia mencapai 143,26 jiwa dari toal populasi penduduk Indonesia yaitu 262
juta jiwa ((APJII), 2017). Teknologi informasi seperti situs web dalam menyajikan berbagai
kebutuhan informasi dan layanan digital bagi pengguna telah semakin beragam, kreatif, dan
inovatif. Situs web saat ini sudah menjadi bagian penting dalam menunjang keberhasilan suatu
instansi (Nahdhatuzzahra, 2016). Salah satu e-commerce yang mempunyai persaingan cukup
tinggi adalah Zalora dan Elevenia yang merupakan retail online fashion menyediakan produkproduk
seperti sepatu, tas, jam, pakaian, dll. Website yang mudah dioperasikan oleh kosumen
akan meningkatkan efisensi dan mengurangi level of errors, Pada penelitian ini bertujuan untuk
mengukur tingkat usability pada website Zalora dan Elevania dengan metode User Performance
dan menggunakan uji statistik ANOVA Two way. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah
efisiensi saat mengoperasikan website Zalora dan Elevenia serta mengetahui level of errors
konsumen saat sedang mencari barang/pakaian di website Zalora dan Elevenia. | id_ID |