Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Munajat Tri
dc.date.accessioned2019-04-29T03:19:38Z
dc.date.available2019-04-29T03:19:38Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationBekraf, 2017, PDB Ekonomi Kreatif Indonesia atas dasar harga berlaku tahun 2014-2016, http://data.bekraf.go.id/index.php?r=site%2Findex, diakses tgl 22 Maret 2019. Fahmi, F.Z., 2014, Creative economy policy in developing countries: the case of Indonesia’, in 54th Congress of the European Regional Science Association, St. Petersburg. Fathurahman, H., dan Huseini, M., 2018, "Mapping of Regional Economic Potential Based on Creative Economy to Support Creation of Regional Competitiveness", KnE Social Sciences, Vol. 3, No. 10, h. 310. Gao, W., dkk., 2015, "The Status, Challenges, and Future of Additive Manufacturing in Engineering", CAD Computer Aided Design, Elsevier Ltd, 69, hh. 65–89. Kementerian Pariwisata dan Eknonomi Kreatif RI, 2014, Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025, hh. 1–279. Mayana, R.F., 2004, Perlindungan Desain Industri di Indonesia dalam era Perdagangan Bebas, PT Grasindo, Bandung. Moore, I., 2014, "Cultural and Creative Industries Concept–A Historical Perspective", Procedia- Social and Behavioral Sciences, Elsevier B.V., 110, hh. 738–746. Qin, S.F., dan Cheng, K., 2017, "Future Digital Design and Manufacturing: Embracing Industry 4.0 and Beyond", Chinese Journal of Mechanical Engineering (English Edition), Chinese Mechanical Engineering Society, Vol. 30, No. 5, hh. 1047–1049. Saucedo-Martínez, J.A., dkk., 2018, "Industry 4.0 Framework for Management and Operations: A Review", Journal of Ambient Intelligence and Humanized Computing, Springer Berlin Heidelberg, Vol. 9, No. 3, hh. 789–801. Simatupang, T.M., Rustiadi, S. dan Situmorang, D.B.M., 2011, "Enhancing the Competitiveness of the Creative Services Sectors in Indonesia", Developing ASEAN Economic Community (AEC) into A Global Services Hub (2012), hh. 173–270. Szalavári, Z., Eckstein, E. dan Gervautz, M., 2004, "Collaborative Gaming in Augmented Reality", hh. 195–204.id_ID
dc.identifier.issn2621-0789
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10727
dc.description.abstractSelain industri manufaktur dan industri jasa, industri kreatif adalah salah satu bidang industri yang memiliki peluang besar untuk berkembang pesat dalam era Industry 4.0. Industri kreatif yang meliputi berbagai bentuk industri yang mengedepankan kreativitas dan kemampuan berpikir dari para pelakunya, memiliki kaitan yang erat dengan budaya yang ada di tempat tersebut. Kekayaan budaya di Indonesia yang sangat beragam memberikan potensi yang besar bagi pengembangan industri kreatif. Kesiapan pelaku industri kreatif menjadi faktor kunci dalam menghadapi persaingan dengan industri lain. Namun demikian, teknologi yang menyertai era Industry 4.0 juga memberikan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dalam pengembangan industri kreatif berbasis budaya. Tantangan yang dihadapi antara lain kemampuan sumber daya manusia yang terbatas, permasalahan hak cipta, infiltrasi budaya luar dan kurangnya penghargaan terhadap kreativitas.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherIENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019id_ID
dc.subjectbudayaid_ID
dc.subjectindustri 4.0id_ID
dc.subjectindustry kreatifid_ID
dc.subjectpeluang dan tantanganid_ID
dc.titleIndustri Kreatif berbasis Budaya Peluang dan Tantangan di Era Industry 4.0id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record