dc.contributor.author | Sundari, S | |
dc.contributor.author | Gunarsi, Sri | |
dc.contributor.author | Prasetyo, Agus | |
dc.date.accessioned | 2019-05-28T04:10:18Z | |
dc.date.available | 2019-05-28T04:10:18Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.citation | Azzel, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia; Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Baharuddin. 2010. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press. Kemendiknas. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010 – 2025. Jakarta : Kemendiknas. Kusuma, Dharma.dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kusdaryanti. 2013. “Tugas dan Tanggungjawab Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan”. Thesis. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Esensi. Mahambero. 2012. Bentuk-bentuk Tanggung Jawab dan Pengabdian. (http:// yesitsmemahambero.blogspot.com/2012/06/tugas-ibd-7-tentang-bentukbentuk. html), diakses 20 Mei 2016, jam 18.35 WIB. Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang Pressindo. Nawawi, Hadari dan M. Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rahardjo, Sapto. 2004. Panduan Investasi Reksadana. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2598-6384 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10738 | |
dc.description.abstract | Karakter tanggungjawab adalah perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas
terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan. Karakter tanggung jawab perlu
dibentuk kepada setiap individu, tidak terkecuali remaja. Remaja di Desa Karanggeneng
Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali mendapatkan pembentukan karakter tanggung
jawab, melalui kegiatan sinoman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pembentukan karakter tanggung jawab pada remaja melalui kegiatan sinoman, di Desa
Karanggeneng Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2015 hingga Maret 2016. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data
dalam pebenelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik, sumber, dan peneliti. Analisis data
menggunakan model interaktif. Tahapan analisis interaktif antara lain pengumpulan data,
reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan tiga hal. Pembentukan karakter tanggung jawab
pada remaja melalui kegiatan sinoman, dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama
remaja diarahkan agar melakukan tugas menyinom dengan sebaik-baiknya termasuk
mengeliminir kemungkinan yang akan membuat tugasnya terhambat. Kedua remaja
dibimbing agar siap mental dalam menerima resiko ketika melaksanakan tugas
menyinom. Ketiga remaja diberi penjelasan agar memberikan laporan ketika tugas
menyinom telah diselesaikan dilakukan. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2016 | id_ID |
dc.subject | pembentukan | id_ID |
dc.subject | karakter | id_ID |
dc.subject | tanggung jawab | id_ID |
dc.subject | sinoman | id_ID |
dc.subject | remaja | id_ID |
dc.title | Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Remaja melalui Kegiatan Sinoman (Studi Kasus di Desa Karanggeneng Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali Jawa Tengah) | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |