Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 361-380 of 548
-
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMPN 17 Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. ... -
Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Artikel ini merupakan metode hasil kajian tentang pengembangan berpikir kritis matematis siswa melalui strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Tujuan artikel ini untuk mengetahui bahwa ... -
Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Pisa Pada Konten Change And Relationship
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menghitung presentase dan mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten change and relationship. Jenis penelitian ... -
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Bagi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Sragen
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sragen melalui pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA. Instrumen penelitian ... -
Pengaruh Strategi Numbered Heads Together (NHT) dan The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan strategi NHT dan The Power of Two terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi ... -
Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kinestetik Dengan Hasil Belajar Matematika (Studi Asosiatif Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asosiatif antara gaya belajar dengan hasil belajar. Gaya belajar yang diteliti adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah ... -
Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan dan faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal aljabar fungsi pada pokok bahasan menentukan bentuk fungsi dan grafik fungsi. Dalam penelitian ... -
Pengaruh Eksperimen Model Reciprocal Teaching Dan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model reciprocal teaching dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Metode ... -
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas Viii F SMP Negeri 3 Muntilan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Muntilan pada materi prisma dan limas dengan model inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah ... -
Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost-facto, variabel terikat ... -
Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapat penekanan di setiap jenjang pendidikan. Semakin banyak siswa dapat membuat koneksi matematika, maka pembelajaran akan bermakna dan optimal. Tujuan penelitian ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Selain itu juga untuk mendeskripsikan (2) bagaimana kemampuan ... -
Dampak Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Terhadap Hasil Belajar Matematika SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengkaji: (1) Kontribusi strategi pembelajaranDiscovery Learning (DL)dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi kemampuan koneksi matematik ... -
Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan differensial tingkat satu. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Subjek ... -
Metode Socrates Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya dalam menghadapi fenomena tersebut. Salah satu kemampuan berpikir yang dapat dikembangkan adalah kemampuan ... -
Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas IX SMP dalam menyelesaikan permasalahan mengenai materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. ... -
Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Ganjil Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2013/2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis Lesson Study pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini ... -
Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Open Ended
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau cara baru dalam menyelesaikan dan menghasilkan suatu produk. Dalam proses pembelajaran matematika berpikir kreatif sangat diperlukan untuk dapat ... -
Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dan FPB
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Materi KPK dan FPB penting sekali karena menunjang pembelajaran matematika berikutnya serta berguna dalam kehidupan sehari-hari.Namun ada beberapa siswa yang masih sering mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal ... -
Pengembangan Bahan Perkuliahan Kompilasi Mata Kuliah Persamaan Diferensial Elementer Prodi Pendidikan Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-03-12)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan perkuliahan kompilasi matakuliah Persamaan Diferensial Elementer yang berupa Rencana Program Dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) dan bahan ...