Pengembangan Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Sejarah Lokal dalam Membangun Karakter Siswa
View/ Open
Date
2019-04Author
Kamang, Heribertus
Musadad, Akhmad Arif
Sutiyah, S.
Metadata
Show full item recordAbstract
Mata pelajaran IPS-Sejarah adalah salah satu mata pelajaran yang mengembangkan dan membentuk
karakter peserta didik membutuhkan trobosan pendekatan yang dapat meransang minat belajar peserta didik
dalam belajar sejarah di sekolah. Pendidikan bukan hanya sebuah proses alih budaya atau alih ilmu
pengetahuan (transfer of knowledge),melainkan pendidikan juga berfungsi sebagai proses alih nilai (transfer
of value). Artinya bahwa Pendidikan, di samping merupakan proses pertalian dan transmisi pengetahuan,
juga berkenaan dengan proses perkembangan dan pembentukan kepribadian atau karakter siswa dengan
nilai-nilai yang ada disekitar. Oleh karena itu pendidik harus lebih kreatif dalam usaha mendekatkan peserta
didik dengan pristiwa-pristiwa sejarah di sekitar untuk membuat peserta didik sedekat mungkin dengan
masyarakat dan membangkitkan kesadaran sejarah nasional serta terhindar dari ketidaktahuan terhadap nilai
sejarah yang ada disekitarnya. Dalam hal ini pembelajaran IPS-Sejarah berbasis nilai sejarah lokal
merupakan sumber inspirasi pendidikan karakter. Kisah heroik atau perjalanan panjang sejarah masyarakat
dalam berbagai dimensinya sebagai refleksi memori kolektif sesungguhnya penuh dengan nilai-nilai
setempat (local wisdom). Oleh karena itu sejarah lokal beserta nilai-nilai yang ada di dalamnya sangat
berpotensi untuk dijadikan konten pembentukan karakter peserta didik terlebih khusus dalam menangani
krisis moral yang marak terjadi saat ini.