Metode Pembelajaran Perspektif Al – Qur’an yang Efektif untuk Pembelajaran Generasi Milenial
Abstract
Masalah mendasar yang dihadapi pendidikan di era generasi milenial ini adalah tidak efektifnya metode
pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan untuk tercapainya
tujuan pembelajaran, terutama di era generasi milenial saat ini. Al – Qur’an sebagai petunjuk dn pedoman
untuk semua umat manusia, di dalamnya terdapat metode pembelajaran yang tepat dan efektif yang diyakini
kebenarannya sampai akhir dari kehidupan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
metode apa saja yang terdapat di dalam Al – Qur’an yang efektif ketika digunakan dalam pembelajaran di
era generasi milenial saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (studi
kepustakaan). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat metode tadabur Al – Qur’an dan metode
tadzkirah. Metode tersebut merupakan metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran era generasi
milenial.