dc.contributor.author | Amanullah, Muhammad Abror | |
dc.contributor.author | Suryani, Nunuk | |
dc.contributor.author | Ardianto, Deni Tri | |
dc.date.accessioned | 2019-05-28T06:43:38Z | |
dc.date.available | 2019-05-28T06:43:38Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | Ahmad Nawawi. (2011). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus. Insania. Vol 16. No 2. Tahun 2011 Alma, Buchari dan Harlas Gunawan. Hakekat Dasar Studi Sosial. Sianr Baru; Bandung. Ine Kusuma & Markum Susatim. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia Iqbal Birsyada. (2016). Dasar-dasar Pendidikan IPS Studi Pendekatan Teori Praktis. Yogyakarta. Ombak. Karsadi. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Latif Yudi. (2015). Negara Paripurna. Jakarta: Kompas Gramedia Utama Sariyatun. (2009). Pengorganisasian Materi IPS dalam Kurikulum. MIPS Majalah Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial. Volume 9 No. 2 September 2009. Sri Harini D. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Suhada, Idad. (2017). Konsep Dasar IPS. Bandung; Remaja Rosdakarya. Sukarno. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ubaedillah & Abdul Rozak. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara Winarno. (2009). Kewarganegaraan Indoenesia dari Sosiologis menuju Yuridis. Bandung: Alfabeta Wuryandani & Fathurrohman. (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ombak Zedd. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia | id_ID |
dc.identifier.issn | 2503-4855 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10763 | |
dc.description.abstract | Dalam pendidikan IPS pendidikan kewarganegaraan perlu untuk generasi milenial, pendidikan
kewarganegaraan sebagai transmisi kewarganegaraan dalam pengajaran IPS,berkaitan dengan penanaman
tingkah laku yang baik, pengetahuan sejarah kebangsaan, serta pandangan dan nilai kebangsaan yang
terkandung di dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai suatu solusi dan pengetahuan kebangsaan.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman berwarganegara yang baik kepada generasi
mendatang (Milenial) agar tercapainya dan terciptanya warga negara yang baik (good citizenship) selain itu
tujuan pokok dari citizenship transmission biasanya dihubungkan dengan warga negara demokratis yang
efektif, pengembangan pengertian patriotisme, memberi inspirasi pada integrasi pribadi dan tanggung jawab
warga negara, membentuk pengertian dan apresiasi terhadap nenek moyang, membantu peserta didik
mendapatkan kesadaran akan problem sosial. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian
kepustakaan serta dirujuk dari berbagai sumber tentang pendidikan kewarganegaraan, pendidikan nilai,
moral, dan karakter. Dengan demikian hasil dan kesimpulan penelitian ini bisa menghasilkan dan
menciptakan warga negara yang baik dan mendorong pengembangan sikap kepribadian dan tingkah laku
yang baik dalam hubungan sosial, sehingga menimbulkan harmonisasi sosial diantara warga negara. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan 2019 | id_ID |
dc.title | Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship) | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |