Penerapan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Penyelesaian Soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Akuntansi
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan suatu kuruikulum yang mendorong adanya keterampilan Higher Order
Thinking Skill (HOTS). Dengan begitu penerapan metode yang sesuai untuk menunjang keterampilan HOTS
harus diperhatikan oleh guru dan harus diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. Akan tetapi, saat ini
masih banyak ketidaksesuaian antara metode pembelajaran dengan soal - soal yang diberikan pada peserta
didik oleh guru. Terdapat banyak soal yang harus diselesaikan oleh peserta didik yang mengandung
keterampilan HOTS di dalamnya, tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik tidak dibiasakan
untuk berpikir secara kritis atau menggunakan keterampilan HOTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menerapkan kesesuaian antara metode pelaksanaan pembelajaran dengan penyajian soal yang berkaitan
dengan keterampilan HOTS sehingga dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal, peserta didik akan
terbiasa dan mampu untuk menyelesaikannya dengan baik. Penelitian dilaksanakan menggunakan studi
literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari peneletian yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan metode yang menunjang keterampilan HOTS dapat meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam menyelesaikan permasalahan dalam soal - soal dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran ekonomi akuntansi.