dc.identifier.citation | Aldila Septiana. (2017). Model Literasi Keuangan Pondok Pesantren Madura. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Vol 3 No 1. BIBLIOGRAPHY \l 1057 Astuti, R. P. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal EDUTAMA Vol. 3 No. 2, 49-58. Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Cipto, S. R. (2018). Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Skripsi. Dias Kanserina, Ilyus Ahmad haris, dan I Made Nurida. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi dan gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonom Undiksa. No 5 Tahun 1 Ghony, D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media. Harsono. (2016). Ethnografi Pendidikan. Kartasura: Jasmine. Indriani, L. (2015). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogjakarta. Skripsi. Jahya, Y. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana. Kanserina, Dias. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Edutama, 1-10. Neti, B. (2014). Analisis Literasi Ekonomi dan Perilaku Konsumen. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Noerham, F. (2012). Dunia Gemerlap di Kalangan Mahasiswi Kota Makasar. Skripsi. Novitasari, L. (2014). Perubahan Gaya Hidup Konsumtif pada Mahasiswa Urban diUNESA. Jurnal Paradigma Vol. 2 No. 3, 1-7. Okky Dikria dan Sri Umi Mintarti. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSn On Line 2579- 3780. Vol 9 No 2 Pandey, C. &. (2012). Economic Literacy of Senior Secondary School Teachers : A Field Study. Jurnal ofAll India Association for Education Research Vol. 24 No. 1. Rika Pristian FA. 2016. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life style terhadap Perilaku konsumsi mahasiswa Jurusan pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama. No 3 Volume 2 Shahreza, Merza. 2017. Komunikator Politik Berdasarkan Teori generasi. Nyimal Journal of Communication. Vol 1 No 1 Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Junal Economia vol. 8, 135-143. Susanto, A. S. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Jurnal JIBEKA Volume 7, 1-6. Susanti N dan M Marliyah. 2018. Pola Pemberdayaan Ekonomi generasi Milenial Komunitas Serikat saudagar Nusantara. Medan : LP2M UIN Sumatera Utara Tatan Zenal Mutakin. 2012. Analisis Kesulitan Belajar kalkulus Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Formatif. No 3 (1). Umar mansur. 2018. Belajar Memahami Generasi Milenial. Suplemenental Material osf.io/qyfke/Widyanto, Y. (2014). Identifikasi Dimensi Gaya Hidup Mahasiswa Berdsarkan Tingkat Pendapatan dan Gender. 1-16. Wulandari. (2011). Hanya 42,6% Guru Ekonomi Berkualitas Baik. Republika. | id_ID |
dc.description.abstract | Mahasiswa sebagai bagian anak milenial, telah menunjukkan perlaku khusus sebagaimana tuntutan zaman
now. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh literasi ekonomi pada gaya hidup mahasiswa
di Surakarta. Ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Obyek penelitian ini adalah
perilaku ekonomi dan gaya hidup mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber penelitian meliputi beberapa mahasiswa
yang memiliki kebiasaan keluar malam untuk ke mall dan berbelanja. Data dianalisis dengan desain data
dalam situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki gaya hidup yang beragam, antara
satu sama lain berbeda, dilihat dari segi penampilan, logat bahasa, aktivitas mahasiswa di luar kampus, dan
kontrol diri. Mereka berbelanja tidak dikendalikan oleh jumlah uang yang mereka miliki dan kebutuhan
hidup dalam sebulan, tetapi cenderung keputusan sesaat yang sangat kompleks. | id_ID |