Pengembangan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar
dc.contributor.author | Putra, Muhammad Miftakhul Rohadi | |
dc.contributor.author | Sukirman, S | |
dc.contributor.author | Kusumawati, Astriana Jihan | |
dc.date.accessioned | 2019-06-17T04:29:25Z | |
dc.date.available | 2019-06-17T04:29:25Z | |
dc.date.issued | 2019-04 | |
dc.identifier.citation | [1] P. Fkip, U. Sebelas, and J. S. Riyadi, “PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFATSIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL LEARNING CYCLE (PEMBELAJARAN BERSIKLUS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR Ayu Fajar Hartatik 1 , Siti Kamsiyati 2 , Sularmi 3,” 2008. [2] T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik – Tejo Nurseto,” Ekon. Pendidik., vol. 8, pp. 19–35, 2011. [3] I. L. Nur, E. Harahap, F. H. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra,” vol. 16, no. 2, pp. 1–6, 2017. [4] H. D. Han, “Use of animation to facilitate students in acquiring problem-solving : From Theory to Practice,” vol. 16, no. 1, 2019. [5] S. Sukirman, “Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game,” pp. 345–351, 2017. [6] I. V. B. S. D. N. Tunjungsekar, “Peran permainan ular tangga dalam pembentukan karakter pada pembelajaran matematika realistik,” pp. 266–279. [7] U. Sumarmo, “Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter,” vol. 1, pp. 22–33, 2011. [8] M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “( Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN ),” vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10809 | |
dc.description.abstract | Bangun ruang merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah dasar (SD). Metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional, yaitu hanya menerangkan materi dengan menggunakan alat peraga sederhana. Sehingga materi bangun ruang hanya sedikit dipahami pada anak digital native. Maka dari itu, perlu dibuat suatu media yang mampu membuat anak digital native memahami materi bangun ruang dengan lebih baik, salah satunya melalui game. Artikel ini membahas tentang pengembangan game edukasi untuk pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pengujian analisis black box, yaitu analisis yang dilakukan dengan cara menguji fitur produk. Berdasarkan pengujian menggunakan analisis black box diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik. Diharapkan game edukasi yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran terutama pada materi bangun ruang. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional GEOTIK 2019 | id_ID |
dc.title | Pengembangan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional GEOTIK 2019
Internet Baik dan Pendidikan Tangguh Bencana di Era Revolusi Industri 4.0