dc.contributor.author | Cahyani, Nadia Putri | |
dc.contributor.author | Khasanah, Uswatun | |
dc.date.accessioned | 2019-06-25T04:19:14Z | |
dc.date.available | 2019-06-25T04:19:14Z | |
dc.date.issued | 2019-03 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Isjoni. (2016). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suharnan. (2012). “Pengembangan Skala Kemandirian”. Jurnal Psikologi Indonesia 1(2): hal 66-67. Tirtarahardja, U. dan S. L. La. Sulo. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Wardani, D. T. (2015). “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015”. Equilibrium 3(2): 105-112. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2656-0615 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10902 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 2 Sleman semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahap untuk setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaraan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemandirian belajar STAD siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Hasil lembar observasi kemandirian belajar siswa, pada siklus I persentase kemandirian belajar siswa sebesar 51% dengan kriteria cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan pesentase kemandirian belajar siswa sebesar 70% dengan kriteria baik.Peningkatan tersebut dapat diliha dari rata-rata skor hasil observasi kemndirian belajar setiap siklus dan hasil wawancara setiap siklus. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019 | id_ID |
dc.title | Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMK dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |