Show simple item record

dc.contributor.authorSyahfitri, Mufika
dc.contributor.authorSumargiyani, S
dc.contributor.authorKhairani, Maulida Asih
dc.contributor.authorSidiq, Enggar Fajar
dc.date.accessioned2019-07-06T03:06:34Z
dc.date.available2019-07-06T03:06:34Z
dc.date.issued2019-03
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Cahyaningsih, Ujiati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, Edisi Januari 2018 Vol.4 No.1. Huda, Miftahul. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Putri Azizah, Hasna; Utami, Budi; Haryono. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Assisted Individualized (TAI) dilengkapi Handout berbasis model latihan untuk meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar siswa pada materi pokok Hidrolisis kelas XI IPA semester genap SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun pelajaran 2015/2016. Johnshon, David W, dkk. (2010). Colaboratif Learning : Strategi pembelajaran untuk sukses bersama. Bandung : Nusa Media. Khairunnisa; Ismaimuza, Dasa; Jaeng, Maxinus. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pernyelesaian persamaan kuadrat dikelas VII Anggur SMP Negeri 4 Palu. Majid, Abdul. (2017). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11044
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) yang dapat membanngun kebiasaan saling bekerja sama dalam belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi tahun pelajaran 2018-2019. Subyek penelitian kelas XI Akuntansi B sejumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi kerja sama, lembar keterlaksaan pembelajaran, wawancara, dan pengamatan langsung. Berdasarkan hasil peneltian , maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan kerja sama belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi B SMK Muhammadiyah 1 Turi Semester genap tahun ajaran 2018/2019. Kerjasama siklus I sebesar 51.14% meningkat di Siklus II sebesar 72.54%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019id_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Kerjasama Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Siswa SMKid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record