Analisa Pola Pembelian Konsumen pada Transaksi Penjualan menggunakan Association Rules (Studi Kasus: Minimarket Jaya Mart Blambangan, Banjarnegara)
View/ Open
Date
2019-03Author
Sriwiji, Rina
Ariyani, Dwi Faridha
Ramadhani, Kurnia
Widodo, Edy
Metadata
Show full item recordAbstract
Market basket analysis adalah suatu metode analisa atas perilaku konsumen secara spesifik dari suatu golongan atau kelompok tertentu. Market basket analysis umumnya dimanfaatkan sebagai titik awal pencarian pengetahuan dari suatu transaksi data ketika tidak mengetahui pola spesifik apa yang dicari. Proses ini dapat menganalisis pola pembelian pelanggan dengan cara menemukan hubungan antara produk-produk yang berbeda yang dibeli oleh konsumen dalam keranjang belanjanya secara bersamaan dalam satu kali transaksi. Salah satu cara untuk mengelompokkan data barang berdasarkan kecenderungannya yang muncul bersamaan dalam suatu transaksi dapat menggunakan algoritma apriori (association rules). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan software R-Studio, untuk mengaplikasikan algoritma apriori dari data penjualan bulan maret 2018 konsumen di minimarket jaya mart. Dari hasil penelitian ini ditemukan pola bahwa konsumen di minimarket Jaya Mart cenderung membeli produk yang sama untuk dibeli.