Show simple item record

dc.contributor.authorSyukur, Abdulah
dc.date.accessioned2019-07-24T10:21:05Z
dc.date.available2019-07-24T10:21:05Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationMax. A. Sobel dan Evan M. Maletsky, 2004. Mengajar Matematika (Edisi ketiga), Jakarta: Erlangga. Melvin L. Silberman, 2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif (edisi revisi III), Bandung: Nusamedia. Nana Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sardiman, A.M, 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGravindo Persada. Syaiful Bahri Djamarah, 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta. Wina Sanjaya, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Bandung: Prenada Media Group. http://www.scribd.com/doc/48088445/Alat-Peraga-Perkalian-Matrikid_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11173
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten. Penelitian ini dilakukan pada subjek penelitian siswa kelas VI berjumlah 24, 9 siswa laki-laki, 15 perempuan di MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten pada Semester I tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus satu merupakan penggunaan alat peraga perkalian model matrik sedangkan siklus dua merupakan tindak lanjut siklus satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan dan penilaian. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber yang melibatkan teman sejawat, kepala madrasah dan subjek penelitian itu sendiri. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang dilanjutkan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kupang Karangdowo Klaten semester I tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan tersebut dilihat dari hasil rata rata nilai siswa pra siklus sebesar 60,2, siklus I sebesar 65,6, dan siklus II sebesar 73,5. Dan nilai ketuntasan belajar pra siklus sebesar 29,2%, pada tahap siklus I sebesar 50,0% dan meningkat pada siklus II sebesar 95,8%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titlePenggunaan Alat Peraga Model Matrik Materi Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record