Show simple item record

dc.contributor.authorWidiasari, Fajar Octavia
dc.date.accessioned2019-07-24T10:35:25Z
dc.date.available2019-07-24T10:35:25Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationHariyanto dan Suyono.2011.Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Sudarma, Momon 2013. Mengembangkan keterampilan berfikir kreatif. Jakarta : Rajawali Pers Sutama. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK.Semarang: Citra Mandiri Utama. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia. Hamdi. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, daan R&D).Bandung:CV.Alfabeta.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11179
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (pbl) siswa kelas VII C SMP Al-Islam I Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator, yaitu : 1) Memiliki rasa ingin tahu yang besar sebelum tindakan sebanayak 6 siswa (24% ) dan di akhir tindakan sebanyak 21 siswa (84%), 2) Sering mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (16%) dan di akhir tindakan sebanyak 23 siswa (92%), 3) Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (20%) dan di akhir tindakan sebanyak 19 siswa (76%), 4) Mampu menyatakan secara spontan dan tidak malu-malu sebelum tindakan 5 siswa (20%) dan di akhir tindakan sebanyak 20 siswa (80%). Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) dapat meningkatkan kreativitas belajar IPS siswa bagi siswa kelas VII C SMP AL-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2107.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Islam 1 Surakartaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record