Penggunaan Strategi Pembelajaran Puzzle Drama dalam Muatan Pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik
dc.contributor.author | Sudrajat, Kukuh Sandy | |
dc.date.accessioned | 2019-07-24T12:49:39Z | |
dc.date.available | 2019-07-24T12:49:39Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Arif, Dikdik Baehaqi. 2012. “Kontribusi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Pengembangan Karakter Bangsa: Prospek Dan Tantangan Di Tengah Masyarakat Yang Multikultural.” Didaktika Vol 1, No 1 Asiyah, Siti. 2014. “Penerapan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014.” Laporan Penelitian. IAIN Tulungagung Blitar. Barlin, Ikbal. 2013. “Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru?”. Jurnal Forum Sosial Vol. 6, No. 01. Diputra, S. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 5, No. 2. Enok, Maryani Dan Helius Syamsudin. 2009. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial.” Jurnal Penelitian IPS. Vol.9 No. 1. Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Insan Madani. Yogyakarta. Hisyam, Zaini,. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesioanalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Santi, Novi Nitya. 2015. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dan Persepsi Terhadap Kondisi Lingkungan Sekolah, terhadap Motivasi Belajar.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Januari Vol. 3 No 1 Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara Wijiastuti, Retno. 2013. “Keefektifan Strategi Crossword Puzzle Pada Hasil Belajar IPS.” Junal PGSD No 2 tahun 13 Winaputra, Udin. 2014. Pendidikan PKn di SD. Universitas Terbuka. Banten. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11182 | |
dc.description.abstract | Muatan pembelajaran tematik sekolah dasar kini begitu berkembang sesuai zamannya. Salah satunya pada muatan sosial seperti Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pendidikan yang berguna untuk pembentukan kepribadian seseorang. Keaktifan siswa perlu dikembangkan dalam pembelajaran sehingga siswa mampu mengembangkan potensinya dengan penggunaan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah strategi Puzzle Drama dimana mampu memfasilitasi keaktifan belajar peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi pustaka dengan menuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran pada tema yang dimaksudkan. Aspek – aspek kognitif anak secara tidak langsung terasah melalui pengamatan kegiatan yang berlangsung kemudian akan terekam konsep pengetahuan yang dibangun oleh siswa sendiri. Selanjutnya aspek afektif anak akan diperdalam melalui kegiatan kerjasama yang kompleks dengan teman sekelas dan aspek psikomotor anak juga terasah dengan kegiatan bermain Puzzle sehingga motorik halus anak akan berkembang. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Penggunaan Strategi Pembelajaran Puzzle Drama dalam Muatan Pelajaran PKn dan IPS di Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019
Membangun Guru Berkarakter dan Profesional Menuju Pendidikan Berkemajuan