Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep Pedagogical Content Knowledge (PCK)
pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD bagi calon guru SD; (2) Mendeskripsikan kajian aspek
Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD. Metode
penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa calon guru
SD penempuh mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra Indonesia. Sumber data penelitian berasal dari
aktivitas dan tindakan selama proses pembelajaran dimulai dengan perencanaan, implementasi,
dan penilaian dengan mengintegrasikan kosep PCK. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan angket sebagai dasar untuk menentukan sejauh mana kajian PCK dalam
pembelajaran pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik keabsahan data
menggunakan tringaulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dimulai
dari sajian data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penetian ini
mendeskripsikan tentang muatan PCK dalam makul P3 bahasa dan Sastra SD. Wujud muatan
tersebut diintegrasikan dalam beberapa proyek yang telah dilakukan mahasiswa antara lain:
penyusunan RPP, modul, media, dan penilaian. Berdasarkan temuan data bahwa mahasiswa telah
mengintegrasikan muatan (content) berupa kemampuan berbahasa dan bersastra yang dituangkan
dalam bentuk kerja mandiri siswa. Selanjutnya, muatan pedagogi diintegrasikan dalam teks yang
dibangun dalam sebuah jalinan tema-tema. Kajian aspek PCK yang ditemukan bahwa mahasiswa
telah memenuhi muatan content dan pedagogi dalam penyusunan perangkat bahan ajar yang telah
dibuat. Sehingga mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar tematik SD sesuai dengan
kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Dalam praktiknya, mahasiswa
mengaitkan materi-materi yang lain sebagai wujud pembelajaran tematik dalam kerangka PCK.