Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Nur Asih
dc.date.accessioned2019-07-24T13:04:49Z
dc.date.available2019-07-24T13:04:49Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationAriawan. 2016. Pengaruh Pendekatan Pemebelajaran Visual Thinking disertai Aktivitas Quick On The Draw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Daryanto, & Karim,Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media. Chaeruman, Uwes A. (2018). Pembelajaran Abad 21. Diaskes dari http;//flickr.com. Siegel, H. (1980). Critical Thinking as an Educational Ideal. Educational Forum. Vol. 45, No. 1. 7-23 Sezer, Renan. (2008). Integration Of Critical Thinking Skills Into Elementary School Teacher Education Courses In Mathematic. Surya, Edy. (2010). Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa Dapat Membangun Karakter Bangsa. Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Bumi Aksara.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11188
dc.description.abstractPeserta didik di sekolah dasar merupakan individu yang memiliki potensi yang besar dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan sekolah dasar merupakan pondasi utama bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan masa kini yang lebih populer disebut dengan pendidikan abad 21 memiliki penekanan pada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Pengembangan media dalam proses pembelajaran sangatlah membantu guru dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik.Pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis merupakan salah satu bentuk pengembangan media, yang digunakan berdasarkan strategi pembelajaran terstruktur, yang didalamnya mencakup beberapa ketrampilan abad 21. Pengembangan media berbasis visual thinking strategis di sekolah dasar bertujuan untuk mengetahui kondisi faktual pemanfaatan media pembelajaran, bentuk pengembangan media, kelayakan media, dan pengaruh keefektifan media pembelajaran pada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Research Development) karena peneliti berupaya mengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran di sekolah dasar masih sangat terbatas dan monoton, sehingga upaya pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar, berupa gambar yang digunakan dalam proses pembelajaran terstruktur, efektif untuk dilakukan pada proses pembelajaran baik di kelas rendah maupun kelas tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan terhadap ketrampilan abad 21 yang meliputi ketrampilan sosial dan berpikir kritis pada peserta didik yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis visual thinking strategis pada peserta didik di sekolah dasar baik untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan abad 21.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titleMedia Pembelajaran berbasis Visual Thinking Strategis di Sekolah Dasarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record