dc.contributor.author | Nasori, Nur Hidayah | |
dc.date.accessioned | 2019-07-24T13:08:25Z | |
dc.date.available | 2019-07-24T13:08:25Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Hasan,Nor. (2006). Full Day School (Model Alternatif PembelajaranBahasa Asing). Jurnal Pendidikan. Tadris. Vol 1. Nol. Daryanto & Mohammad Farid.(2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan diSekolah. Yogyakarta: Gava Media. Fattah. Nanang(2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Matin.(2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada Suharsaputra, Uhar. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama. Supriadi, Dedi.(2010). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Remaja Rosdakarya | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11189 | |
dc.description.abstract | Pembiayaan merupakan salah satu keberhasilan dari program sekolah. Agar seluruh penyelenggaraan
kegiatan sekolah berjalan dengan baik diperlukan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan
sekolah.Kemandiriaan sekolah dalam mengelola pembiayaan merupakan hal sangat penting dalam
keseluruhan rangkaian manajemen pembiayaan meliputi sumber dana pembiayaan, perencanaan
pembiayaan, pelaksanaan pembiayaan, dan pengawasan pembiayaan.Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemandirian sekolah dalam mengelola pembiayaan di SD Muhammadiyah
Wirobrajan 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan bendahara sekolah. Objek penelitian ini adalah
kemandirian sekolah, manajemen pembiayaan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa
wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi tekhnik dan sumber.
Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) kemandirian dalam pencarian sumber dana pembiayaan sudah berjalan
dengan baik diperoleh dengan pengalokasian sumber biaya untuk penganggaran program sekolah. 2)
kemandirian dalam perencanaan pembiayaan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan
yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam perencanaan penggunaan anggaran pembiayan sekolah.
3) kemandirian dalam pelaksanaan pembiayaan sudah berjalan dengan baik, dimulai dari ketentuan
oleh BOS sampai dengan pengalokasian sarana dan prasarana sekolah. 4) pengawasan pembiayaan
sudah berjalan dengan baik, dari kegiatan, dan waktu pengawasan pertanggungjawaban pembiayaan
yang bersifat transparasi. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Kemandirian Sekolah dalam Pengelolaan Pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |