Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyani, Ria Wulan
dc.date.accessioned2019-07-24T13:10:31Z
dc.date.available2019-07-24T13:10:31Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationAsmani, Jamal Ma‟aruf. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press. Sanusi, Dian Anugrah. 2015. “Pendekatan Quantum Learning pada Mata Pelajaran Kewirausahaan sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur”. Prosding Seminar Nasional. 82. Diakses pada 12 Desember 2016 (http://eprints.uny.ac.id/21677/1/09%20Dian%20Anugrah%20Sanusi.pdf) pukul 13.26. Sudradjad. 2011. Kiat Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan melalui Wirausaha. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, & Implementasi. Jakarta: Prenada Media.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11190
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. 2) Kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. 3) Solusi dari kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle di SDN Kawatan No.19 Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskripsi. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru koordinator, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Pengujian keabsahan data yang di peroleh menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Tahapan analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pendidikan karakter berjiwa wirausaha terlihat bahwa siswa lebih kreatif, inovatif, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko dan kepemimpinan. Kendala dalam pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle adalah kurangnya rasa percaya diri siswa untuk menjual kerajinan recylce, kurang kepedulian terhadap lingkungan dengan membuang sampah tidak pada tempatnya, siswa kesulitan membedakan sampah organik dan anorganik, siswa tidak mengikuti kegiatan pada hari Sabtu, siswa lupa membawa peralatan yang digunakan. solusi kepala sekolah dan guru koordinator dalam menghadapi kendala yang di hadapi dalam pendidikan karakter berjiwa wirausaha melalui pembuatan kerajinan recycle seperti: menumbuhkan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk menjual kerajinan recycle, memberikan sosialisasi kepada orang tua dan meminjami alat-alat yang lupa di bawa oleh siswa.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titlePendidikan Karakter Berjiwa Wirausaha melalui Pembuatan Kerajinan Recycle di SDN Kawatan Surakartaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record