Show simple item record

dc.contributor.authorHikmah, Sofiana
dc.contributor.authorDevani, Anggrianita
dc.contributor.authorNgazizah, Nur
dc.date.accessioned2019-07-25T02:15:33Z
dc.date.available2019-07-25T02:15:33Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citation______. 2014. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-resultsoverview. pdf diakses pada 05 November 2014 Husna Nur Dinni .2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.Program Pascasarjana, Univeritas Negeri Semarang.PRISMA 1 (2018). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ Kurnia, Feni, Zuherman, dan Apit Fathurohman. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 1 (1) 43-47. Yulianti, T.E dan A. Rusilowati. 2014. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan Muatan Literasi Sains Di Kabupaten Tegal. Unnes Physic Education Journal 3 (2) 68-72. Yuyu Yuliati.2017. LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA.Universitas Majalengka.Jurnal CakrawalaPendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11193
dc.description.abstractPesatnya perkembangan pengetahuan sains menuntut pertambahan konsep-konsep sains yang harus dipelajari siswa. Sebagai akibatnya, perlu ada pemilihan konsep-konsep essensial yang dipelajari siswa. Konsep-konsep essensial ini dipilih berdasarkan pada pentingnya konsep tersebut untuk kehidupan siswa dan pentingnya memberikan pengalaman belajar tertentu kepada siswa agar memperoleh bekal kemampuan literasi sains yang memadai. Kemampuan literasi sains merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang harus dimiliki setiap anak didik dalam menghadapi era persaingan global. Seseorang dapat dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila mampu menelaah suatu pemasalahan dan mampu menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru. Kemampuan ini dikenal juga sebagai HOTS (High Order Thinking Skills) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi. High Order Thinking Skills ini meliputi di dalamnya kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan mengambil keputusan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan kaitan antara HOTS dalam pembelajaran dengan kemampuan literasi sains. Dalam kurikulum 2013 ada peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Aspek-aspek tersebut didukung dengan kemampuan sains.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titleHOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA SDid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record