dc.contributor.author | Hikmah, Sofiana | |
dc.contributor.author | Devani, Anggrianita | |
dc.contributor.author | Ngazizah, Nur | |
dc.date.accessioned | 2019-07-25T02:15:33Z | |
dc.date.available | 2019-07-25T02:15:33Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | ______. 2014. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-resultsoverview. pdf diakses pada 05 November 2014 Husna Nur Dinni .2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.Program Pascasarjana, Univeritas Negeri Semarang.PRISMA 1 (2018). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ Kurnia, Feni, Zuherman, dan Apit Fathurohman. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 1 (1) 43-47. Yulianti, T.E dan A. Rusilowati. 2014. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan Muatan Literasi Sains Di Kabupaten Tegal. Unnes Physic Education Journal 3 (2) 68-72. Yuyu Yuliati.2017. LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA.Universitas Majalengka.Jurnal CakrawalaPendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017 | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11193 | |
dc.description.abstract | Pesatnya perkembangan pengetahuan sains menuntut pertambahan konsep-konsep sains yang harus
dipelajari siswa. Sebagai akibatnya, perlu ada pemilihan konsep-konsep essensial yang dipelajari
siswa. Konsep-konsep essensial ini dipilih berdasarkan pada pentingnya konsep tersebut untuk
kehidupan siswa dan pentingnya memberikan pengalaman belajar tertentu kepada siswa agar
memperoleh bekal kemampuan literasi sains yang memadai. Kemampuan literasi sains merupakan
salah satu kemampuan abad 21 yang harus dimiliki setiap anak didik dalam menghadapi era
persaingan global. Seseorang dapat dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila mampu
menelaah suatu pemasalahan dan mampu menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru.
Kemampuan ini dikenal juga sebagai HOTS (High Order Thinking Skills) atau keterampilan berpikir
tingkat tinggi. High Order Thinking Skills ini meliputi di dalamnya kemampuan pemecahan
masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan
mengambil keputusan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan
kaitan antara HOTS dalam pembelajaran dengan kemampuan literasi sains. Dalam kurikulum 2013
ada peningkatan dan keseimbangan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap,
keterampilan dan pengetahuan. Aspek-aspek tersebut didukung dengan kemampuan sains. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Sains Pembelajaran IPA SD | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |