Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Syarifah Erma
dc.date.accessioned2019-07-25T02:26:22Z
dc.date.available2019-07-25T02:26:22Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationAhmed et al. 2013. Determinants of School Choice: Evidence from Rural Punjab, Pakistan. CREB Working Paper No. 01-13. Pakistan Hashim, Rosnani; Rufai, Saheed Ahmad; & Nor, Mohd Roslan Mohd. 2011. ”Traditional Islamic Education in Asia and Africa: A Comparative Study of Malaysia‟s Pondok, Indonesia‟s Pesantren and Nigeria‟s Traditional Madrasah”. World Journal of Islamic History and Civilization, 1 (2): 94-107, 2011. Prasetyo dan Zuhri (2007:170-189)” Motivasi Mahasiswa Thailand untuk Belajar di Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Surakarta”. SUHUF, Vol. 19, No. 2, November 2007. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sonmez, Selami. 2013. ”Primary Education System in Ottoman Empire”. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 3 No. 5; March 2013, pp. 163-170. Supriyanto, Agus. 2012. “Persepri Guru Matematika Terhadap Kurikulum Sekolah Syariah serta Implikasinya dalam Pembelajaran”. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang. Media Nusa Creative. Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11197
dc.description.abstractPenelitian ini mempunyai tiga tujuan. 1) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi intrinsik orangtua memilih sekolah berbasis kurikulum syariah, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor motivasi ekstrinsik orangtua memilih sekolah berbasis kurikulum syariah, dan 3) Mendeskripsikan harapan orangtua setelah anaknya lulus dari sekolah berbasis kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Tinawas, Nogosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan orangtua termotivasi memilih sekolah berbasis kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari terdiri dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor-faktor intrinsik yang menyebabkan orang tua termotivasi memilih sekolah berbasis kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari antara lain: (1) keinginan agar anak menjadi sholeh dan sholehah, (2) keinginan agar anak menguasai ilmu umum dan ilmu agama, (3) keinginan agar anak menjadi anak yang mandiri, berani dan bertanggung jawab,(4) berprestasi, (5) kebutuhan orang tua menitipkan anak, Sedangkan faktor-faktor ekstrinsik yang menyebabkan orang tua termotivasi memilih sekolah berbasis kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari antara lain: (1) lokasi sekolah dan lingkungan, (2) sarana fisik, (3) visi dan misi sekolah, (4) porsi pendidikan agama, (5) profil pendidik, (6) kurikulum pembelajaran, (7) alternatif aktivitas, (8) ketertiban dan kebersihan sekolah, (9) keterampilan skolastik, (10) biaya, (11) prestasi dan keberhasilan alumninya. Harapan orang tua setelah anaknya lulus dari SD Muhammadiyah Program Khusus yaitu menjadi anak sholeh dan sholehah serta dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titleMotivasi Orangtua SD Muhammadiyah Program Khusus Nogosari Memilih Sekolah berbasis Kurikulum Syariahid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record