dc.contributor.author | Juwita, Yuni Cahya | |
dc.contributor.author | Marganingsih, Dewi | |
dc.contributor.author | Mirmanto, Nurman | |
dc.date.accessioned | 2019-07-25T04:05:27Z | |
dc.date.available | 2019-07-25T04:05:27Z | |
dc.date.issued | 2019-01 | |
dc.identifier.citation | Abu Su‟ud, Suwandi, dan Sudharto. 2011. Pendidikan Karakter Disekolah Dan Perguruan Tinggi. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan DasarDan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Kemendiknas. 2013. Keberhasilan kurikulum 2013. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/ (di akses 20 Mei 2013) Sanaky, H. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press Sugiyono. 2009. Metoda Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana. | id_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-704-715-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11205 | |
dc.description.abstract | Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan buku guru dan buku peserta didik
berkarakter berbasis kurikulum 2013 adalah menghasilkan buku ajar berkarakter berbasis kurikulum
2013 yang valid.Metode yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang
dimodifikasi menjadi lima tahap, yaitu Tahap 1: studi pendahuluan dengan mendapatkan data dari
guru SD dan kajian teori. Tahap 2 :pengembangan buku ajar, berupa buku matematika cerdas dan
berkarakter. Tahap 3: validasi isibahan ajar: dengan meminta beberapa orang validator yang terdiri
dari praktisi dan akademisi. Tahap 4: validasi konstruk bahan ajar. Tahap 5 uji skala besar. Tahap 1
sampai 3 dilakukan telah dilakukan untuk mendapatkan buku matematika cerdas dan berkarakter yang
valid.Pengembangan buku guru dan buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD
kelas III yang dikembangkan telah teruji valid. Hasil rata-rata penilaian yang di peroleh dari validator
adalah 70 dari skor maksimal 88 (80%) yang berarti bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan sedikit
revisi. Berdasarkan hasil validasi tersebut dilakukan penyempurnaan draft buku ajar. Buku guru dan
buku peserta didik matematika berbasis kurikulum 2013 yang berkarakter pada pembelajaran efektif,
yang dapat dilihat dari (1) pembelajaran memenuhi ketuntasan baik secara individual maupun klasikal,
(2) keaktifan peserta didik berpengaruh positif terhadap hasil belajar, (3) hasil belajar peserta didik
menggunakan buku ajar matematika yang berkarakterlebih baik daripada hasil belajar peserta didik
kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas maka buku pengembangan buku guru dan
buku peserta didik berkarakter berbasis kurikulum 2013 pada SD kelas III yang telah dilakukan sudah
memenuhi prosedur pengembangan validasi isi dan validasi konstruk. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019 | id_ID |
dc.title | Pengembangan Buku Guru dan Buku Peserta Didik Berkarakter berbasis Kurikulum 2013 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |