Show simple item record

dc.contributor.authorAgustina, Putri
dc.contributor.authorSaputra, Alanindra
dc.contributor.authorMeidiana, Laily Maudi
dc.contributor.authorWinduargo, Bias
dc.contributor.authorNugraheni, Eka Pratiwi
dc.contributor.authorYuningsih, Septi Erma
dc.date.accessioned2019-08-08T07:56:38Z
dc.date.available2019-08-08T07:56:38Z
dc.date.issued2019-04
dc.identifier.citationFadhilah, N. I. (2014). Peranan Sarana dsn Prasarana Pendidikan Guna Menunjang Hasil Belajar Siswa Di SD Islam Al Syukro Universal. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(2), 63–70. Mastika, I. N., Adnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. N. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10. Muna, I. A. (2016). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Kodifikasia, 10(1), 109–131. Rustaman, N. (2008). Perjalanan Sebuah Pembaharuan Pembelajaran Biologi Berbasis Hands-on & Minds-on dalam Pendidikan Sains. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032-NURYANI_RUSTAMAN/JOURNEY.pdf Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57. Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Nizhamiyah, VI(1), 65–75. Wulandari, V. C. P., Masjhudi, & Balqis. (2003). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Universitas Negeri Malang.id_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11359
dc.description.abstractSalah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran adalah sarana dan prasarana. Laboratorium merupakan salah satu sarana penunjang yang utama dalam pembelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas laboratorium sebagai penunjang pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gemolong pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Parameter penelitian ini mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana meliputi: (1) ruang; (2) sarana perabot; (3) peralatan pendidikan; (4) media pendidikan; (5) bahan habis pakai; dan (6) perlengkapan lain. Data kualitas laboratorium diperoleh melalui observasi, data pendukung diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan maka diketahui bahwa kualitas laboratorium Biologi di SMA Negeri 1 Gemolong masuk dalam kategori baik dengan rata-rata persentase 80.33%.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4id_ID
dc.titleKualitas Laboratorium sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record