Show simple item record

dc.contributor.authorSuhardi, Iwan
dc.date.accessioned2019-08-14T02:07:27Z
dc.date.available2019-08-14T02:07:27Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.citationAlwi, Hasan, et al. 1999. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesiai.Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka Bunderson, et al. 1989. The four generation of computerized educational measurement. Dalam R.L. Linn (Ed.), Educational Measurement (3rded, pp. 367-407). New York : American Council on Education & Macmillan Publishing Company. Cheng, I., dan Bischof, W.F. Juli, 2007, Multimedia item type design for assessing human cognitive skills. ICME Special Session. Beijing. pp. 1830-1833. [Versi Elektronik]. Diambil pada tanggal 20 November 2011 dari http://webdocs.cs.ualberta.ca/~lin/publication/icme07-Intelligence.pdf Ismail. 2009. Kreativitas guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada MIN Yogyakarta 1. Laporan Tesis. Tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Keraf, Gorys. 1991. Tata bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Maryanto, et al. 2014. Bahasa Indonesia ekspresi diri dan akademik. Edisirevisi . Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Munger, F. 2009. Student achievement on international assessments: Perspectives on Indonesian students’ performance. Makalah Seminar Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Hasil Penelitian Puspendik. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional Saukah, Ali. 2005. Pengembangan sistem penilaian di bidang bahasa. Rekayasa sistem penilaian dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Yogyakarta : HEPI Swediati, Noni dan Utrodewo, F.N. 2009. Prestasi membaca peserta didik Indonesia dalam studi PIRLS 2006. Makalah Seminar Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Hasil Penelitian Puspendik. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional Pressman, R.S., 2001, Software Engineering, A Practitioner’s Approach. 5th ed. USA : Mc Graw Hill Book Inc.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11385
dc.description.abstractWalaupun kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia begitu utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perkembangan pelajaran bahasa Indonesia dalam ranah pendidikan belum banyak tersentuh oleh kemajuan teknologi pembelajaran. Pelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi. Sebagai pelajaran yang berkonteks ‘bahasa’, pelajaran bahasa Indonesia mempunyai kompetensi yang cukup kompleks antara lain menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Proses pengajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Proses pengajaran bahasa Indonesia di sekolah umumnya masih berbasis pada tulisan/teks dan belum menggunakan sarana multimedia untuk lebih mendukung efektivitas daya tangkap peserta didik. Selama ini kompetensi menyimak (mendengarkan dan memahami suatu bacaan/cerita) belum dapat dilakukan secara efektif mengingat keterbatasan alat dan kemampuan guru. Penggunaan teknologi komputer memungkinkan proses penilaian yang tidak dapat dilakukan dengan model kertas dan pensil (pencil and paper test). Teknologi komputer memungkinkan melakukan kombinasi multimedia berupa tulisan, suara, gambar, dan video pada proses penilaiannya. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan bank soal berbasis multimedia yang terdiri dari teks, suara, gambar, dan video yang dikemas dalam bentuk program berbasis Computerized Based Testing (CBT) berdasarkan kurikulum 2013. CBT yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar bahasa Indonesia dan pakar psikometri serta diujicobakan pada siswa. Pengembangan bank soal tersebut diharapkan lebih relevan dengan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Bank soal yang berbasiskan multimedia tersebut menyesuaikan kompetensi bahasa Indonesia terutama dari aspek menyimak dan membaca. Pemberian tes dalam bentuk butir soal multimedia diharapkan dapat lebih memberikan peningkatan penilaian pada aspek keterampilan kognitif dan kemampuan memecahkan masalah dibandingkan dengan tes yang hanya berbasis teks yang lebih berfokus pada aspek pengetahuan siswa. Dari hasil validasi pakar, paket-paket soal berbasis multimedia ini menghasilkan nilai rata-rata untuk aspek kelayakan paket soal secara umum sebesar 4,45 (paket soal layak digunakan) dan kesesuaian butir soal sebesar 4,36 (butir soal relevan dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa). Dari pandangan guru menghasilkan penilaian yang sangat positif, serta dari penilaian siswa 90% memilih model penilaian menggunakan CBT dibandingkan model kertas dan pensil.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016id_ID
dc.titlePengembangan Bank Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dengan Tampilan Multimedia berbasis Computerized Based Testingid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record