Show simple item record

dc.contributor.authorRahayu, Duwi
dc.contributor.authorKasan, Septiyan Dewi
dc.contributor.authorHermawan, Sigit
dc.date.accessioned2019-08-16T04:19:04Z
dc.date.available2019-08-16T04:19:04Z
dc.date.issued2019-07
dc.identifier.citation[1] Adinda, K., dan Rohman, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. [2] Al-Fithrie, Nurul Luthfie. 2015. Pengaruh Moral Reasoning Dan Ethical Sensitivity Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. [3] Agustini, S., dan Herawati, N. T. 2013. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap Etis mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 1(1). [4] Azzahra, R. A., Dan Harto, P. (2017). The Influence Of Accounting Student Moral Reasoning And Ethical Sensitivity Toward Unethical Academic Behaviour. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. [5] Bay, D., & McKeage, K. (2006). Emotional intelligence in undergraduate accounting students: Preliminary assessment. Accounting Education: an international journal, 15(4), 439-454. [6] Bertens, K. 2007. “Etika”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. [7] Bire, A. L., Geradus, U., dan Bire, J. 2014. Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2). [8] Charismawati, C. D., dan YUYETTA, E. N. A. (2011). Analisis Hubungan antara Love of Money dengan Persepsi Etika Mahasiswa Akuntansi. Universitas Diponegoro. [9] Cherniss, C., dan Goleman, D. 2001. The emotionally intelligence workplace. How to select for measure and improve emotional intelligence in individuals, groups and organizations san Francisco: Jossey-Bass. [10] Cooper, R. G. (2005). Product leadership: Pathways to profitable innovation: Basic books. [11] Desi, Ika. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi Dipandang Dari Segi Gender (Studi Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Medan) [12] Falah, S. (2006). Pengaruh Budaya Etis Organisasi dan Orientasi Etika Terhadap Sensitivitas Etika (Studi Empiris Tentang Pemeriksaan Internal di Bawasda Pemda Papua). Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. [13] Febrianty. 2010. Pengaruh Gender, Locus Of Control, Intellectual Capital, Dan Ethical Sensitivity Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. [14] Henry, K. 2013. Perbedaan Persepsi Etis Dosen Akuntansi Terhadap Praktik Earnings Management di Kota Pekanbaru dalam Perspektif Gender. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(2), 119-135. [15] Hermawan, Sigit dan Wika Nurlia. 2017. Dapatkah Love Of Money Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Kecerdasan Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi? Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 12 (2):93-103. [16] Kieso, W., Waygant, J. J., dan Terry, D. Warfield. 2007. Intermediate Accounting. [17] Mawardi, M. C. 2012. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi Di Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Malang. IQTISHODUNA. [18] Melandy, R., dan Aziza, N. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium nasional akuntansi, 9, 1-24. [19 ] Risa, N. (2011). Analisis Sensitivitas Etis Mahasiswa Universitas Islam’45 Bekasi. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi, 2(1), 56-71. [20] Oktawulandari, F. 2015. Pengaruh Faktor-Faktor Individual Dan Budaya Etis Organisasi Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Padang). Jurnal Akuntansi, 3(1). [21] Pasek, N. S. 2017. Pengaruh Kecerdasan Intelektual pada Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1). [22] Rachmi, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Universitas Diponegoro. [23] Rest, James R. 1979. Received Manual for the Defining Issues Test: An Objective Test for Moral Judgment Development. Minnepolis : Minnesota Moral Research Proyect. [24] Shaub, Michael K., and Don W.Finn. 1993. “The Effect of Auditor’s Ethical Orientation on Commitment and Ethical Sensitivity”. Behavioral Research in Accounting. Vol.5 pp 146 – 166 [25] Sugiharti, A. 2016. Pengaruh Moral Reasoning Dan Ethical Sensitivity Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi. [26] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RAD. Bandung: Alfabeta. [27] Agoes, Sukrisno dan Ardana, Cenik. 2014. “Etika Bisnis Dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya”. Jakarta: Salemba Empat. [28] Suwardjono, D. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Makalah Seri Pendidikan, Yogyakarta. [29] Trihandini, R. F. M. (2005). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Horison Semarang). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.id_ID
dc.identifier.issn2685-7944
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11429
dc.description.abstractThis study aims to determine the effect of moral reasoning on students ethical perceptions, ethical sensitivity to students ethical perceptions, emotional intelligence on student perceptions, the influence of moral reasoning, ethical sensitivity, and emotional intelligence on students ethical perceptions, the influence of moral reasoning, ethical sensitivity, and emotional intelligence on the ethical perception of students with learning behavior as a moderating variable. This study uses a quantitative approach to the test analysis used in this study using analysis of Moderated Regression Analized Analysis (MRA) and multiple linear regression and assisted by three hypothesis tests namely T(parsial) test, F test (simultaneous), and test coefficient of determination (R2). The type of data in this study, using primary data. That is in the form of a questionnaire. The population in this study were students of the economics faculty, accounting study program of Muhammadiyah University of Sidoarjo with a total of 255 students. While the samples taken were 156 people using the Slovin formula. The results of this study indicate that: There is an influence from Moral Reasoning on Student Ethical Perception. there is an influence of Ethical sensitivity on Student Ethical Perception. The influence of Emotional Intelligence on Student Ethical Perception. The influence of Moral Reasoning, Ethical Sensitivity and Emotional Intelligence on Student Ethical Perception. The influence of Moral Reasoning, Ethical Sensitivity and Emotional Intelligence on Students Ethical Perception with learning behavior as a moderating variable.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019id_ID
dc.titlePengaruh Moral Reasoning, Ethical Sensitivity, dan Kecerdasan Emosional terhadap Persepsi Etis Mahasiswa dengan Perilaku Belajar sebagai Variabel Moderatingid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record