Interaksi Simbolik dalam Wacana Kelas
Abstract
Salah satu bentuk interaksi yang digunakan dalam wacana kelas adalah interaksi
simbolik. Interaksi simbolik merupakan bentuk interaksi yang menggunakan simbolsimbol
bahasa sebagai alat penyampaian pesan. Makalah ini menggunakan rancangan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian mikroetnografi. Temuan penelitian
menunjukkan adanya interaksi simbolik dalam wacana kelas yang dilakukan oleh
pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik telah membentuk pola dan bentuk
interaksi simbolik dalam wacana kelas. Terdapat tiga pola interaksi simbolik dalam
wacana kelas, yaitu (1) pola interaksi simbolik pendidik kepada peserta didik, (2) pola
interaksi simbolik peserta didik kepada peserta didik, dan (3) pola interaksi simbolik
peserta didik kepada pendidik. Bentuk interaksi simbolik dalam wacana kelas
diklasifikasikan dalam tiga bentuk, yaitu (1) bentuk simbol tidak bersuara, (2) bentuk
simbol bersuara, dan (3) bentuk paduan.