Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square pada Siswa Kelas III SD Negeri 8 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III
SD Negeri 8 Purwodadi Grobogan belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 71. siswa
maupun guru menganggap keterampilan membaca pemahaman sulit untuk dikuasai maupun
diajarkan. Penggunaan media dan teknik pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan
belum maksimal. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran word
square yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas
III SD Negeri 8 Purwodadi Grobogan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu
variabel keterampilan membaca pemahaman dan variabel model word square. Pengumpulan
data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif
dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa
sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 52,86 dan berada dalam kategori kurang cukup. Pada
siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,97 atau 20,75% menjadi
sebesar 63,83 dan berada dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai
batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus
II, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningkat sebesar 19,96 atau 31,27%
menjadi sebesar 83,79 dan berada dalam kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan
adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah
siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih berfokus terhadap penjelasan guru, lebih santun
dalam berperilaku, percaya diri, dan saling menghargai dalam kegiatan presentasi, serta lebih
mampu bekerja sama dengan temannya.