Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia berbasis Linguistik Fungsional Sistemik pada Materi Teks Eksplanasi Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas XI Semester 2
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran Bahasa & Sastra
Indonesia yang berbasis Linguistik Sistemik Fungsional Pada Materi Teks Eksplanasi Buku
Siswa Kurikulum 2013 Kelas XI semester II. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan
dokumentasi terhadap buku siswa dan buku guru Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI
Semester II. Hasil penenelitian ini adalah penerapan pembelajaran bahasa & Sastra Indonesia
yang berbasis Linguistik Sistemik Fungsional pada Materi teks eksplanasi dapat dilihat dari
tahapan pembelajaran berbasis teks yaitu a)pembangunan teks b)pemodelan teks
(Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Eksplanasi h.1-h.36) c) pembuatan teks secara
bersama-sama h.37-42) dan d)pembuatan teks secara mandiri h.43-49. Dan teks Eksplanasi
mempunyai dua unsur yaitu Konteks Situasi dan Konteks Budaya.