Show simple item record

dc.contributor.authorArafah, Muhammad
dc.contributor.authorSelintung, Mary
dc.contributor.authorAly, Sumarni Hamid
dc.contributor.authorRamli, M. Isran
dc.date.accessioned2019-08-23T06:12:04Z
dc.date.available2019-08-23T06:12:04Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.citationAly, S.H., Selintung, M., Ramli, M.I., Sumi, T., (2011),Study on emission measurement of vehicle on road based on binomial logit model,Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 9, pp. 784 – 795. Alviansyah, Soehodho, S., Nainggolan, P.J.,(2005),Public Transport User Attitude Based on Choice Model Parameter Characteristics. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 6, pp. 480-491. Arafah, M., Ramli, M., I., Aly, S. H., danSelintung, M., (2013a),“Studi karakteristik sepeda motor di Kota Makassar”Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil ITS, Pebruari 2013. Arafah, M., Ramli, M., I., Aly, S. H., danSelintung, M., (2013b),“Analisis level emisi karbon monoksida dan hidrokarbon sepeda motor di Kota Makassar”Journal Rekayasa Transportasi, Vol. 02(01) pp.129-136. Beydoun, M., and Jean, M.G., (2006),“Vehicle characteristic and emissions: logit and regression analysis of I/M data from Massachusetss, Maryland and Illinois”Transportation Research, Part D, Vol. 11 pp.59-76. Bin, O. (2003),A logit analysis of vehicle emissions using inspection and maintenance testing data. Transportation Research, Part B, 8, 215-227. Hwang, K. P., Tseng, P., (2007) CO2 emission: status, reduction policy and management strategy of Taiwan’s transportation sector. Proceeding of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 6. Koppelman, F. S., and Bhat, C., (2006),A self instructing course in mode choice modeling: multinomial and nested logit models, U.S. Department of Transportation Federal Transit Administration. M. Pujadas, Nunez, L., Plaza, J., Bezares, J.C., Fernandez, J.M. (2004) Comparison between experimental and calculated vehicle idle emission factors for Madrid fleet,Science of the Total Environment, 334-335, 134-140. Pemerintah Republik Indonesia, (2006),Peraturan Menteri Lingkungan Hidup, No. 5 Tahun 2006, Jakarta, Indonesia Pemprov Sulsel, (2012), Sulsel Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Provinsi Sulsel. Ramli, M.I., Ooeda, Y., Sumi, T.,(2010a), Study on mode choice model of trip for daily household logistic based on binomial logit model.ProceedingThe 3th International Conference of Transportation and Logistic (T-LOG), Fukuoka, September 6-8th, 2010. Simamora, A. P., (2006), “Garages ask for speedier emission testing approval.” The Jakarta Post-The Journal of Indonesia Today, City News. http://www.thejakartapost.com May 01 2006. Sudarmanto, B.N., Fujiwara, A., Zhang, J., Senbil, M., (2007), Bivariate probit model of on-road emission measurement of passenger cars in Jakarta City,Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 7, pp. 1377 – 1388. Sudarmanto, B.N., Fujiwara, A., and Zhang, J., (2010), Analysis of inspection and maintenance program for in-use motorcycles emission in Indonesia,Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol. 8, pp. 1015 – 1026. Train, K.E. (2009)Discretechoice methods with simulation, CambridgeUniversity Press.Second Edition.id_ID
dc.identifier.isbn978-979-636-149-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11543
dc.description.abstractDalam rangka studi komprehensif tentang emisi gas buang sepeda motor dan mitigasinya, studi ini bertujuan menganalisis faktor-faktor berpengaruh terhadap kegagalan uji emisi kendaraan sepeda motor di Kota Makassar. Studi ini menggunakan data hasil pengujian kegagalan emisi kendaraan sepeda motor di KotaMakassar selama 3 tahun terakhir yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah KotaMakassar. Pengujian kegagalan emisi meliputi dua jenis emisi sepeda motor, yaitu Karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC), terhadap kurang lebih 500 data sampel sepeda motor.Faktor-faktor berpengaruh yang dianalisis dalam studi ini adalah umur, kapasitas mesin, dan panjang perjalanan dari kendaraan sepeda motor.Analisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kegagalan uji emisi CO dan HC berdasarkan standar Kementrian Lingkungan Hidup, menggunakan pendekatan model binomial logit.Hasil pemodelan dan analisis memperlihatkan bahwa variabel umur kendaraan menjadi faktor paling berpengaruh terhadap kegagalan uji emisi HC dan CO kendaraan sepeda motor.Hasil-hasil studi ini memberikan ekspektasi untuk analisis lanjutan terhadap karakteristik dan model faktor emisi kendaraan sepeda motor.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Teknik Sipil III 2013id_ID
dc.titleFaktor-Faktor Berpengaruh terhadap Uji Kegagalan Emisi Kendaraan Sepeda Motor di Kota Makassarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record