Show simple item record

dc.contributor.authorRamli, M. Isran
dc.contributor.authorRuntulalo, Dantje
dc.contributor.authorHustim, Muralia
dc.contributor.authorAly, S. Hamid
dc.date.accessioned2019-08-23T06:24:09Z
dc.date.available2019-08-23T06:24:09Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.citationAnonnim (2010), Pemberdayaan pasar tradisional, Departemen Perdagangan RI. Ali, N., dan Ramli, M. I. 2006.Studi Model Hubungan Volume – Kecepatan – Kepadatan pada Jalan Perkotaan Tipe 2 Lajur dan 4 Lajur Tak Terbagi (2/2UD dan 4/2UD). Simposium IX Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) 11 - 12 Nopember, Universitas Brawijaya, Malang Anonymous.1997. Indonesia Highway Capacity Manual.Jakarta: Directorate General of Highway Public Work Departement. Hendrata Wibisana. 2007. Studi Hubungan Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Rungkut Asri Kotamadya Surabaya Dengan Metode Underwood.Jurnal Teknik Sipil, Vol 3, No.2Oktober 2007, Maranatha, Bandung. Liputo dan Ramli. 2007. Model hubungan volume – kecepatan - kepadatan Pada ruas jalan tipe 4 lajur tak terbagi (4/2 UD).Simposium X Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) 23 Nopember, Universitas Tarumanegara, Jakarta. Ronald E, Walphole. 1995. Pengantar Statistik.Gramedia.Jakarta. Sitohang, O. dkk. 2001. Analisa Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Jalan di Kodya Medan, Simposium IV Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) 1-2 Nopember, Universitas Udayana, Bali Suteja, I.W., 1999. Studi Hubungan Kecepatan – Volume – Kerapatan pada Lalu Lintas Dominan Sepeda Motor. Simposium II Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi (FSTPT) 8 Oktober, ITS, Surabaya. Tamin, Ofyar Z. 2000.Perencanaan & Permodelan Transportas contoh soal dan aplikasi.Edisi kesatu.Bandung: Penerbit ITB. Tom V. Mathew and K V Krishna Rao.2007. Traffic Stream Models.NPTEL May 8.id_ID
dc.identifier.isbn978-979-636-149-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11547
dc.description.abstractPerilaku lalu lintas yang tidak disiplin dalam menggunakana lajur jalan diberbagai kota di negara berkembang termasuk di Makassar, Indonesia telah menjadikan kondisi lalu lintas dalam kategori lalu lintas heterogen. Untuk memahami lebih jauh karakteristik lalu lintas heterogen ini, studi ini bertujuan memodelkan hubungan antar karakteristik makro lalu lintas (volume-kecepatan-kepadatan atau V-S-D) pada ruas jalan satu arah di Kota Makassar.Studi ini melakukan survei pada salah satu ruas jalan yang dikategorikan sebagai tipe jalan satu arah di Kota Makassar, yaitu Jl. Sulawesi. Pada survei ini perekaman kondisi lalu lintas menggunakan video camera dilakukan selama sehari khususnya pada kondisi periode puncak lalu lintas, baik pagi, siang maupun sore hari. Hasil perekaman selanjutnya diekstraksi di Laboratorium untuk mencacah volume dan mengukur kecepatan lalu lintas.Analisis data volume dan kecepatan kendaraan mengaju pada standar MKJI 1997. Model hubungan karakteristik makro lalu lintas dibangun dengan mengadopsi pendekatan model Greenshield, Greenberg dan Underwood. Kalibrasi nilai-nilai parameter model dan validasi model dilakukan dengan menggunakan serangkaian uji statitik.Hasil-hasil analisis dan evaluasi model memperlihatkan bahwa terdapat variasi kecocokan model dengan kondisi lalu lintas heterogen diantara keempat ruas jalan yang distudi. Dalam hal ini, model Underwood sedikit lebih baik dari kedua model lainnya. Namun, model Greenberg dan Greenshield juga pada kondisi terntentu sedikit lebih baik validitas. Hasil-hasil yang diperoleh pada studi ini dapat menjadi bahan utama dalam memodelkan lebih lanjut kondisi lalu lintas heterogen dengan menggunakan pendekatan mikro simulasi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Teknik Sipil III 2013id_ID
dc.titleModel Karakteristik Makro Lalu Lintas Heterogen pada Ruas Jalan Satu Arah di Kota Makassarid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record