dc.identifier.citation | Achmad , F. B. (2019, Maret 30). Tribun News. Retrieved from Kisah Wayang Punakawan Kreasi Sunan Kalijaga, Asal Muasal Semar Gareng Petruk dan Bagong: http://jateng.tribunnews.com/2019/03/27/kisah-wayangpunakawan- kreasi-sunan-kalijaga-asal-muasal-semar-gareng-petruk-dan-bagong Anonim. (2019, Mei 8). KBBI Online. Retrieved from Wayang: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wayang Asmiatun, S., & Putri, A. N. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish. Gunanto, S. G. (2016). Penciptaan Permainan Digital Edukatif Berbasis Wawasan Budaya Dan Pendidikan Karakter. Journal of Animation and Games Studies, 207-228. Kohri Rijal , B. M. (2017). Game 3D Punakawan Guna Mengenalkan Tokoh Punakawan dan Cerita Bagong Labuh Berbasis Android . Jurnal of Information and Technology, 125-131. Liliweri, A. (2002). Makna Budaya dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta. Maulana, R. (2018). Tantangan dan Peluang Startup Game di Indonesia pada Tahun 2018. Retrieved April 8, 2019, from https://id.techinasia.com/tantangan-peluang-startup-game-indonesia-tahun-2018 Munasiroh. (2017). Mengakrabkan Anak dengan Budaya Lokal. Retrieved April 8, 2019, from https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4358 Nurgiyantoro, B. (2003). Wayang Dalam Fiksi Indonesia. Humaniora, 1-14. Pambayun, A., Perdana, E. G., & Mega M, R. I. (2015). Pandawa Lima Game Pewayangan Legenda Mahabharata Unt . e-Proceeding of Applied Science , 1152-1162. Sriatun, W. (2019). Lunturnya Budaya Anak Bangsa. Retrieved April 5, 2019, from https://www.kompasiana.com/winda34519/5c81303212ae9448716f1d25/lunturnya-budaya-anak-bangsa Supriyono, H., Rahmadzani, R. F., Adhantoro, M. S., & Susilo, A. K. (2016). Rancang Bangun Media Pembelajaran dan Game Edukatif Pengenalan Aksara Jawa "Pandawa". The 4thUniversity Research Colloquium , 1-12. Suryadi , A. (2017). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal PETIK, 03(1), 8- 13. Yuwanto, L. (2012, September 09). Universitas Surabaya. Retrieved from Model Belajar Dari Karakter Punakawan: https://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/53/Model-Belajar-dari-Karakter-Punakawan.html | id_ID |
dc.description.abstract | Di era globalisasi budaya bangsa dihadapkan pada dinamika perkembanagn budaya barat yang
dianggap lebih popular oleh masyarakat. Kesenian wayang kulit yang merupakan salah satu bagian
budaya, kini sangat jarang di pertunjukkan sehingga banyak anak-anak yang tidak mengetahunya
kesenian tradisional ini. Mengangkat tokoh wayang punakawan melalui media game merupakan salah
satu alternative untuk memperkenalkan budaya Jawa pada anak. Melalui tokoh pewayangan anak-anak
dapat mengetahui tradisi dan budaya yang melekat pada masyarakat, khususnya kebiasaan adat
masyarakat Jawa. Dalam penelitian ini, digunakan jenis game puzzle dimana model permainan yaitu
memilih dan mencocokkan gambar acak agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Terdapat 3 level pada
game, masing-masing level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pada tiap level yang
diminkan akan diberikan teks dan narasi singkat tentang karakter tokoh wayang punakawan sebagai
pengetahuan budaya Jawa pada anak. Penelitian menghasilkan sebuah aplikasi puzzle game tentang
tokoh wayang punakawan sebagai media untuk meningkatkan pemahaman budaya, agar anak lebih
paham tentang budaya Jawa dan lebih termotivasi untuk mengenal serta mencintai budaya lokal. | id_ID |