Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Program Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardi Surakarta
View/ Open
Date
2019Author
Kusumawardani, Dyah Ayu
Werdani, Kusuma Estu
Metadata
Show full item recordAbstract
Rumah Sakit harus berupaya meningkatkan kesehatan melalui kegiatan promosi kesehatan rumah sakit. Promosi kesehatan erat kaitannya dengan media kesehatan salah satunya adalah media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis input, process, dan output program promosi kesehatan dengan menggunakan media sosial di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Triangulasi sumber dan metode dilakukan untuk menjamin kualitas data. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperoleh hasil bahwa, pada input, cara program melalui media sosial dianggap paling efektif dan program ini dilakukan berdasarkan surat kerja dari Direktur Rumah Sakit. Pada process, dalam pelaksanaan mengalami beberapa kendala teknis dan SDM dalam tim, saat pelaksanaan belum semua SDM terlibat didalamnya hanya sebagian saja. Pada output, program sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan namun belum ada indikator capaian program secara kuantitatif sehingga belum bisa dilakukan evaluasi secara optimal.