Manajemen Peserta Didik dan Manajemen Enrolmen untuk Menyejahterakan Siswa/Mahasiswa di Lembaga Pendidikan
Abstract
Pendidikan saat ini dikhawatirkan terperangkap dalam euforia pencapaian hasil
belajar yang berupa tes terstandardisasi, dan abai terhadap kesejahteraan siswa/mahasiswa.
Artikel ini merupakan gagasan yang dipaparkan berdasarkan kajian pustaka (literature
review) yang dilengkapi dengan analisis tematik (thematic analysis). Kesejahteraan peserta
didik hendaknya diupayakan sejak awal mereka masuk ke lembaga pendidikan hingga lulus.
Manajemen peserta didik dan manajemen enrolmen mengatur kebutuhan peserta didik
selama mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan. Istilah manajemen peserta didik
lebih dikenal sebagai pengelolaan siswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah, adapun
istilah manajemen enrolmen merupakan pengelolaan mahasiswa di perguruan tinggi.
Kesuksesan peserta didik sejatinya tidak hanya dipandang pada ukuran akademik yang
distandarkan, seperti nilai ujian akhir sekolah dan indeks prestasi mahasiswa, namun juga
bagaimana peserta didik merasa kebutuhannya terpenuhi semasa pendidikannya. Manajemen
peserta didik yang menyejahterakan siswa di sekolah digerakkan oleh pimpinan sekolah yang
mendorong sumber daya manusia dan memberdayakan sumber daya layanan siswa sehingga
tercipta iklim lingkungan yang menyenangkan. Kesejahteraan siswa pada jenjang sekolah ini
lebih banyak mengarah pada kesejahteraan yang dimaknai sebagai wellbeing yang meliputi
having (kondisi sekolah), loving (hubungan sosial), being (pemenuhan diri), dan health
(kesehatan). Adapun manajemen enrolmen yang menyejahterakan mahasiswa cenderung
fokus pada aspek bantuan finansial (beasiswa). Oleh karena itu, makna kesejahteraan
mahasiswa sering merujuk pada student welfare, yang muncul sebagai pendamping dari
student wellbeing. alaupun begitu, kelengkapan layanan kemahasiswaan seperti layanan
bimbingan dan konseling, layanan kesejahteraan, unit kegiatan mahasiswa, dan asrama
diyakini lebih menyejahterakan mahasiswa secara holistik.