Perbedaan Student Engagement pada Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Masa Studi
View/ Open
Date
2018Author
Ratnaningsih, Ika Zenita
Prihatsanti, Unika
Prasetyo, Anggun Resdasari
Metadata
Show full item recordAbstract
Student engagement merupakan prediktor penting dalam meraih kesuksesan dalam
menempuh studi yang dapat berupa keterlibatan mahasiswa secara perilaku, emosi, dan
kognitif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah ada
perbedaan antara student engagement antara mahasiswa di tahun pertama dan tahun kedua.
Begitu pula, perbedaan student engagement antara mahasiswa perempuan dan laki-laki.
Subjek dalam penelitian ini adalah 422 mahasiswa (L=30,8%, P=69,2%), yang terdiri dari 177
mahasiswa tahun pertama dan 245 mahasiswa tahun kedua dari sebuah Perguruan Tinggi
Negeri di Semarang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Student
Engagement Instrument (35 item, α = 0,846 ). Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan student engagement pada mahasiswa tahun
pertama dan tahun kedua (420)=-2,593, p=0,01 (p<0,05) dan ada perbedaan student
engagement antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki dengan t(420)=-2,233,
p=0,026 (p<0,05). Mahasiswa tahun kedua memiliki skor student engagement yang lebih
tinggi dari mahasiswa tahun pertama dan mahasiswa perempuan memiliki keterlibatan yang
lebih tinggi dari mahasiswa laki-laki.