Pelatihan Bersyukur untuk Menurunkan Stres Akademik pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan bersyukur untuk
menurunkan stres akademik pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu metode True Experimental Design dengan bentuk eksperimen Pretest-posttes Control
Group Design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang mahasiswa semester III
sebagai kelompok eksperimen dan 12 orang mahasiswa semester III sebagai kelompok
kontrol. Subjek merupakan mahasiswa Stikes “X” di Yogyakarta yang berstatus wajib
mengikuti program pondok pesanten selama 4 semester. Alat pengumpul data yang digunakan
berupa skala stres akademik yang dimodifikasi dari skala SLSI Gadzela dan Mastern (2004).
Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Parametrik menggunakan uji Paired Sample Test
dan uji Indepent t Test. Hasil dari Paired Sample Test pada kelompok eksperimen diperoleh
signifikan sebesar 0,002 (p<0,01) artinya, bahwa ada perbedaan yang sangat significant di
kelompok eksperimen sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan bersyukur. Berdasarkan uji
Independent t Test di peroleh signifikansi sebesar 0,012 (p<0,05) artinya, ada perbedaan yang
signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Simpulan bahwa pelatihan
bersyukur dapat menurunkan stres akademik pada mahasiswa STIKES “X” Yogyakarta.