Penerapan Analytical Hierarchy Process dalam Pemilihan Merek Mesin Obras pada Konveksi ABC
Abstract
Konveksi ABC merupakan home industry yang menerima jasa untuk produksi pakaian berupa
baju, jaket maupun sablon. Produksi dalam jumlah massal dalam industri konveksi menjadikan
alasan bagi pemilik usaha untuk menambahkan jumlah mesin agar mampu memenuhi jumlah
pesanan yang meningkat. Mesin yang ingin ditambahkan ialah mesin obras. Namun,
banyaknya merek mesin obras dengan kualitas dan spesifikasi berbeda menyebabkan pemilik
usaha kesulitan dalam memilih mesin. Pemilihan mesin dilakukan dengan menggunakan salah
metode Decision Support System (DSS) yaitu Analytical Hierarchy Process dengan
menggunakan software Super Decision. Perbandingan berpasangan dilakukan dengan
mempertimbangkan lima kriteria antara lain Popularitas, Harga Produk, Spesifikasi, Desain,
dan Kualitas. Adapun alternatif yang dipertimbangkan antara lain A, B, dan C. Hasil analisis
permasalahan menunjukkan bahwa nilai ideals dari A sebesar 1, B sebesar 0,517, dan yang
terakhir adalah C dengan nilai sebesar 0,223. Sehingga alternatif yang dipilih yaitu mesin
obras merek A dengan nilai ideal paling tinggi yaitu sebesar 1.