HUBUNGAN TINGKAT ANSIETAS, MOTIVASI BELAJAR, LAMA BELAJAR, DAN STATUS MERANTAU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEDOKTERAN
View/ Open
Date
2020Author
Firda, Fathiyyatu Assa’diy
Triastuti, N Juni
Metadata
Show full item recordAbstract
Prestasi belajar dipengaruhi berbagai faktor diantaranya adalah tingkat ansietas, motivasi
belajar, lama belajar, dan status merantau. Kejadian ansietas di Indonesia mencapai angka 14
juta jiwa (6%). Selain itu, motivasi belajar mahasiswa masih rendah dengan lama waktu belajar
yang bervariasi setiap individu. Prestasi belajar juga dipengaruhi oleh status mahasiswa merantau
dikarenakan belum meratanya kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan
menganalisis ada tidaknya hubungan tingkat ansietas, motivasi belajar, lama belajar, dan status
merantau dengan prestasi belajar mahasiswa kedokteran. Desain penelitian ini menggunakan
penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan bulan
Oktober 2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Besar sampel
sebanyak 108 responden dengan teknik simple random sampling. Analisis bivariat menggunakan
uji chi-square dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik. Tingkat ansietas memiliki
nilai p=0,002 dan nilai OR=15,731. Motivasi belajar memiliki nilai p=0,005 dan nilai OR=7,880.
Lama belajar memiliki nilai p=0,000 dan nilai OR=86,603. Status merantau memiliki nilai
p=0,003 dan nilai OR=13,819. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ansietas,
motivasi belajar, lama belajar, dan status merantau dengan prestasi belajar. Variabel lama
belajar memiliki pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar.