Identifikasi Ketersediaan Ruang Publik pada Stasiun Purwosari terhadap Kenyamanan Pengunjung
Abstract
Stasiun Purwosari atau sering disingkat PWS merupakan stasiun kereta
api kelas I yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Kecamatan
Laweyan, Kota Surakarta. Stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi VI
Yogyakarta dan hanya melayani KA kelas ekonomi lintas selatan dan lokal/
komuter saja. Kenyamanan penumpang atau pengunjung merupakan hal
yang utama pada transportasi publik. Tak terkecuali pengguna kereta api.
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengkaji keterkaitan antara
ketersediaan ruang publik di Stasiun Purwosari terhadap kenyamanan
pengunjungnya. Kali ini penulis akan mengkaji kenyamanan pengunjung
Stasiun Purwosari menggunakan standar SNI 03-1733-2004 baik pengguna
normal maupun difabel. Beberapa ruang publik yang diamati terbagi
menjadi 2 zona yaitu zona keberangkatan dan zona kedatangan. Pada
zona keberangkatan terdapat area drop off, hall, loket pembelian tiket,
konter cek in, ruang tunggu, kamar mandi, dan mushola. Sedangkan zona
kedatangan terdapat ruang tunggu, kamar mandi, warung makan, koridor
menuju angkuta umum. Metode yang digunakan dalam menganalisis
objek studi menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan
memaparkan kondisi eksisting melakukan observasi lapangan dan analisis
data. Hasil analisa Stasiun Purwosari adalah Secara umum hampir semua
ruang publik pada Stasiun Purwosari nyaman. Hanya area drop off dan
mushola saja yang tidak nyaman untuk pengguna difabel karena tidak
tersedia ramp untuk akses difabel.