dc.description.abstract | Akhir-akhir ini kopi dan kedai kopi adalah topik yang sedang naik daun di
kalangan anak muda, tidak terkecuali di kalangan anak muda Kota Solo.
Saat ini kopi bukan lagi mejadi bahan konsumsi, namun juga menjadi
bagian dari gaya hidup. Maka dari itu saat ini sangat banyak kedai kopi
yang tersebar di seluruh Kota – Kota besar, termasuk Kota Solo. Di Solo
sendiri saat ini sudah terdapat sangat banyak kedai kopi yang tersebar
hampir di seluruh penjuru kota, namun dari sekian banyak kedai yang
ada di Kota Solo, ada beberaoa kedai yanh terlihat cukup mencolok lebih
ramai dan lebih diminati dari kedai lainnya.
Perbedaan kepadatan kedai dan tingkat minat pengunjung yang cukup
terlihat itu lah yang memancing minat penulis untuk melakukan
penelitian ini. Dari beberapa kedai yang terlihat ramai tersebut, penulis
memilih 3 kedai paling ramai yang memiliki konsep, desain, penataan
ruang, fasilitas dan juga rentang harga yang berbeda – beda. Hal ini
penulis maksudkan untuk mengetahui arah minat dan selera pengunjung
kedai kopi secara umum di wilayah Kota Solo. Kedai yang penulis pilih
adalah Cold ‘n Brew, Sadari Kopi, dan juga Thamrin Coffee
Penelitian ini penulis lakukan selama 2 minggu dengan cara menyebar
kuesioner dan juga melakukan wawancara secara verbal kepada total 33
orang responden yang berasal dari kalangan pecinta kopi, pelanggan
kedai kopi, dan juga pekerja kedai kopi yang memiliki latar belakang
berbeda – beda. Dan hasilnya dapat disimpulkan bahwa konsumen dan
pengunjung kedai kopi di Kota Solo memerlukan kedai kopi yang
berkonsep unik, nyaman, ber fasilitas cukup lengkap untuk melakukan
beberapa pekerjaan remote working dan juga memiliki variasi menu
serta rate harga yang masih cukup terjangkau. | id_ID |