Show simple item record

dc.contributor.authorArifina, Dewi Surya
dc.contributor.authorMasduki, M
dc.date.accessioned2020-09-28T03:08:01Z
dc.date.available2020-09-28T03:08:01Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationArsyad, N., Syam, R., & Ardat, D. A. (2017). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Kelas IX. In Issues in Mathematics Education (hal (Vol. 1, Issue 1). http://www.ojs.unm.ac.id/imed Ashlock. (2003). Guiding Each Child’s Learning of Mathematics. Colombus: Bell Company. Coxford, A.F. 1995. “The Case for Connections”, dalam Connecting Mathematics Across the Curriculum. Editor: House, P.A. dan Coxford, A.F. Reston, Virginia: NCTM. Dunia Matematika. (2014). Materi matematika SMP Kelas VII Bentuk Aljabar dan Operasinya. Diakses dari https://duniamatematika.com/matematika-smp/materi-matematika-smp-kelas-vii-bentuk-aljabar-dan-operasinya/ Kiswanto Kenedi, A., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., Hendri Universitas Negeri Padang, S., & Hamka Air Tawar, J. (2019). MATHEMATICAL CONNECTION OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS TO SOLVE MATHEMATICAL PROBLEMS. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80. Moleong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nabilah, Suhendra dan Yulianti. 2019. The Efforts Of Improving Mathematical Connection Ability Of Senior High School Student With 7e Learning Cycle Model. Journal of Physics: Conference Series 1157(4), 042096. Pambudi, D. S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2018). Mathematical Connection Profile of Junior High School Students in Solving Mathematical Problems based on Gender Difference. International Journal of Scientific Research and Management, 6(08). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i8.m01 Rahayu, Sinaga, Oktaviani, Zakiah. (2018). Analysis of Mathematical Ability of High School Students based on Item Identification of National Examination Set. International Conference of Innovation in Education. Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Mengajarkan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Saiful Bakhril Amin, M., & Rachmani Dewi, N. (n.d.). Unnes Journal of Mathematics Education Research Connected Mathematics Ability Seen from Student Cognitive Style on STAD-Peer Tutoring Learning Model. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer Shi, Changju. 2011. A Study of the Relationship between Cognitive Styles and Learning Strategies. Higher Education Studies, 1(1): 20-26. Siregar, Nenta Dumalia dan Edy Surya. 2017. Analysis of Students’ Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). ISSN 2307-4531 Sukardi. 2016. Methodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara. Ulya, Kartono dan Retnoningsih. 2014. Analysis Of Mathematics Problem Solving Ability Of Junior High School Students Viewed From Students’ Cognitive Style. International Journal of Education and Research (IJER), ISSN (O): 2201-6740 Usodo, B. (2011). Profil intuisi mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent (pp. 96–172). Wahyudin. 1989. Aljabar Modern. Bandung. Tarsito. Witkin, H.A., C.A. Moore, D.R. Goodenough, & P.W. Cox. 1977. Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Style and Their Educational Implications. Review of Educational Reaserch, 47(1): 1-64.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12199
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Indikator yang digunakan yakni (1) Koneksi antar topik dalam matematika. (2) Koneksi antar topik matematika dengan disiplin ilmu lain. (3) Koneksi antar topik matematika dengan kehidupan sehari-hari. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang kemudian dipilih 2 siswa sebagai subjek FI dan FD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode tringulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika siswa kategori FI sudah mampu memahami permasalahan dan mengaitkan permasalahan dengan ketiga indikator koneksi matematis dengan baik. Sedangkan siswa kategori FD kurang mampu dalam memahami permasalahan yang ada, serta belum mampu mengaitkan permasalahan pada soal dengan ketiga indikator dari koneksi matematis. Siswa dengan kategori FD belum mampu menemukan solusi dari permasalahan pada soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika kemampuan koneksi matematis siswa dengan kategori field independent sudah baik, sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa dengan kategori Field dependent masih kurang baik.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleAnalisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record