Show simple item record

dc.contributor.authorRahmadanti, Lifea
dc.contributor.authorSumardi, S
dc.date.accessioned2020-09-28T03:13:31Z
dc.date.available2020-09-28T03:13:31Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAriananda, Eka S., Syamsuri Hasan & Maman Rakhman. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education 1(2): 233-238 Arrahmi, Syukron Zahidi, Imam Suyanto & Wahyudi. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sdn Se-Kecamatan Kebumen. Jurnal FKIP UNS 5(5): 1-5 Anggraini, Yussi, Syaad Patmanthara & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(12): 1650-1655. Dianah, Lili. (2017). Kontribusi Fasilitas Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora 1(2): 51-60. Kemendikbud. (17 September 2019). Hasil UN untuk Perbaikan Kualitas Pendidikan. Kemendikbud. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id. Mulyaningsih, Indrati Endang. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20(4): 441-451. Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 73-84. Pasternak, Rachel. (2013). Discipline, Learning Skills And Academic Achievement. Internasional Journal of Arts and Education 1(1): 1-11. Sobri, Muhammad dan Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial 1(1): 43-56 Suprayitno, Totok. (8 September 2019). Rata-rata Hasil UNBK 2019 Tingkat SMP Masih di Bawah Standar. Detik.com. Diakses dari https://m.detik.comid_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12201
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis kontribusi kedisiplinan dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika, kontribusi kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika, serta kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 195 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baki tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan rumus Slovin, sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian, (1) kedisiplinan dan kemandirian berkontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika sebesar 13,22% dengan (α =0,05), (2) kedisiplinan berkontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 3,67% dengan (α =0,05), serta (3) kemandirian berkontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,55% dengan (α =0,05).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleKontribusi Kedisiplinan dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Matematikaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record