Show simple item record

dc.contributor.authorSyahida, Evi
dc.contributor.authorSuprakarti, S
dc.contributor.authorHadiyan, Aris
dc.date.accessioned2020-09-28T03:35:26Z
dc.date.available2020-09-28T03:35:26Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAshar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers Azuma, R.T. 2014. “A Survey of Augmented Reality: Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories”. Chapel Hill: University of North Carolina Barakati, Dijey Pratiwi. 2013. “Dampak Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa)”. Jurnal Pendidikan Universitas Sam Ratulangi. Vol.1 No.1 Craig, A.B. 2013. “Understanding Augmented Reality Concepts and Applications”. USA: Elsevier Fanisa, Achmi. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa CD Interaktif pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Pendekatan Contextual Teach and Learning (CTL) Untuk Kelas VII SMP”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Isnawati Amir. “Pengembangan Buku Ajar Dan Augmented Reality (AR) pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah Menengah Atas”. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar Julia Purbasari, Rohmi, dkk. 2012. “Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X”. Malang: Universitas Negeri Malang Jatri, Fauzan. 2013. “Penerapan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Logis Matematis Siswa”. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Kemendikbud. 2006. Buku Guru Matematika Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud Pamuji, Eko. 2013. “Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Andromath Berbasis Android”. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta Salam Riyadi, Amru. 2011. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Mata Pelajaran Diklat Mengoperasikan Mesin CNC di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Ukkas, M., Andrea, R., & Deny, D. 2013. “Pembelajaran Bangun Ruang Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android”. Samrinda: SEBATIK STMIK WICIDA Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12205
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan siswa yang dilakukan di SMP Negeri 99 Jakarta. Sebesar 70% siswa menganggap materi Sistem Koordinat adalah materi yang sulit dipahami di antara materi Matematika lainnya. Hal ini dikarenakan 49% dari total siswa beranggapan bahwa media pembelajaran masih kurang tersedia. Data lain menunjukkan sebesar 93% dari total siswa memiliki smartphone berbasis Android. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan smartphone berbasis Android dengan teknologi augmented reality pada materi Sistem Koordinat untuk siswa kelas VIII SMP dengan desain yang sesuai dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development. Media pembelajaran yang dibuat berupa aplikasi augmented reality (AR) dan AR Book. Media pembelajaran telah melalui validasi ahli materi dan bahasa dengan nilai akhir media 85,3% serta ahli media pembelajaran dengan nilai akhir media 72,6%. Uji coba skala kecil dilaksanakan pada bulan November 2017 di SMP Negeri 99 Jakarta dengan nilai akhir media 79,6% dan nilai uji validitas tergolong valid. Uji coba skala besar dilaksanakan pada bulan Juli 2018 di SMP Negeri 99 Jakarta dengan nilai akhir media 81,2% dan nilai uji validitas tergolong valid. Perhitungan reliabilitas instrument dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas uji coba skala kecil 0.8 dengan kategori sangat reliabel dan uji coba skala besar 0,74 dengan kategori reliabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan smartphone berbasis Android dengan teknologi augmented reality dapat digunakan dalam pembalajaran matematika dan dapat diproduksi secara masal.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Matematika menggunakan Smartphone berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality pada Materi Sistem Koordinat Kelas VIII SMPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record