Show simple item record

dc.contributor.authorRohman, Nur
dc.contributor.authorToyib, Muhamad
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2020-09-28T03:52:39Z
dc.date.available2020-09-28T03:52:39Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAb, J. S., Margono, G., & Rahayu, W. (2019, February). The Logical Thinking Ability: Mathematical Disposition and Self-Regulated Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012092). IOP Publishing. Arum, D. P., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018, April). Students’ logical-mathematical intelligence profile. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1008, No. 1, p. 012071). IOP Publishing. Ersoy, E., & Guner, P. (2015). The Place of Problem Solving and Mathematical Thinking in The Mathematical Teaching. The Online Journal of New Horizons in Education-January, 5(1), 120-130. Gunawan, A. W. (2013). Born to be a Genius. Gramedia Pustaka Utama. Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2018). Contribution of prior knowledge, appreciation of mathematics and logical-mathematical intelligence to the ability of solving mathematical problems. International journal of physics & mathematics, 1(1), 21-28. Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). TIMSS & PIRLS International Study Center. Chestnut Hill, MA: Boston College. Pane, L. Y., Kamid, K., & Asrial, A. (2013). Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 2(2), 58918. Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An analysis of students’ mathematics problem solving ability in VII grade at smp negeri 4 pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 57-67. Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diakses dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/ Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). Toyib, M., Rohman, N., & Sutarni, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan Pada Siswa dengan Kecerdasan Logis-Matematis Tinggi. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(2), 63-80. Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12208
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika model TIMSS pada konten bilangan ditinjau dari kecerdasan logis-matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas VIII yang memiliki kecerdasan logis-matematis rendah, sedang, dan tinggi yang diambil menggunakan teknik snowball. Artikel ini khusus menyajikan profil kemampuan pemecahan masalah bagi siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah dan sedang yaitu 2 siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah dan 3 siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang membandingkan kedua metode tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa berkecerdasan logis-matematis rendah tidak semua mampu memahami masalah dengan tepat, dalam merencanakan masalah tidak semua mampu membuat rencana yang tepat, mampu melakukan operasi perhitungan matematika sesuai rencana yang disusun, dan tidak melakukan tahapan memeriksa kembali jawaban. Kemampuan pemecahan masalah siswa berkecerdasan logis-matematis sedang mampu memahami masalah, dalam merencanakan masalah tidak semua mampu membuat rencana yang tepat, mampu melakukan perhitungan sesuai rencana yang disusun, dan sebagian melakukan tahapan memeriksa kembali jawaban.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleKemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan pada Siswa dengan Kecerdasan Logis Matematis Rendah dan Sedangid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record