Show simple item record

dc.contributor.authorWijayaningtyas, Ema
dc.contributor.authorSumardi, S
dc.date.accessioned2020-09-28T07:31:48Z
dc.date.available2020-09-28T07:31:48Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAbdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, Rochmad, & Lestari, M. D. (2019). The Position and Causes of Students Errors in Algebraic Thinking Based on Cognitive Style. International journal of Instruction, 12(1), 1431-1444. Arikan, E. E., Ayten, O., & E, Mehmet. O. (2015). An Examination in Turkey: Error Analysis of Mathematics Students on Group Theory. Academic Journals, 10(16), 2352-2361. Aryani, Irma., & Maulida. (2019). Analisis Kesalahan siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Melalui HOTS. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2). Ariyana, Y., Ari, P., Reisky, B., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dewi, S. I. K., & Kusrini (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar SMP Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2). Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan penanggulangannya Bagi Ana usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia. Kanduli, P. P., Anton, P., & Fitria, K. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. LIKHITAPRAJNA: Jurnal Ilmiah, 20(1). Lampongajo, J. R., Alri, M., & Damai, I. W. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Dumoga. Jurnal Matematika. 5(1). Maf’ulah, S., Dwi, J., & Tatak, Y. E. S. (2016). Pupils Error on the Concept of Reversibility in Solving Arithmetic Problems. Academic Journals, 11(18), 1775-1784. Muzangwa, J., & Peter, C. (2012). Analysis Errors and Misconceptions in the Learning of Calculus by Undergranduate Students. Acta Didactica Napocensia, 5(2). Pournara, C., Hodgen, J., Sanders, Y., & Adler, J. (2016). Leasrners’ Errors in Secondary Algebra: Insights from Tracking a Cohort from Grade 9 to Grate 11 on a Diagnostic Algebra Test. PYTHAGORAS: Journal of the Association for Matematics Aducation of South Africa, 37(1). Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan MenyelesaikanSoal Matematika SMA Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1). Rahmawati, D., & Laelatul, D. P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Proses Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 5(2). 173-185. Ruswati, D., Widia, T. U., & Eka, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. Jurnal Maju, 5(1). Salle, Nober., & Matius Pai’pinan. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Topik Keliling Dan Luas Lingkaran Di Kelas VIII C SMP YPK Hedam Semester Genap. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya. 3(1). 23-30. Siyepu, S. W. (2015). Analysis of Errors in Derivatives of Trigonometric Fungsions. International Journal of STEM Education. Solfitri, Titi., & Yenita Roza (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Siswa Kelas IX SMPN SEKecamatan Rampan Pekanbaru. Jurnal Universitas Tanjungpura Pontianak, 295-303. Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.Surakarta. Jasmine. Wibawa, R. P., & Dinna, R. A. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Eera Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Jurnal Equilibrium, 7(2). Widana, I. W. (2017). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skilsl (HOTS). Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12220
dc.description.abstractHOTS merupakan suatu proses berpikir siswa dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan serta mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar yang berorientasi HOTS. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dengan cara mengecek data pada sumber yang sama dengan teknik berbeda yaitu hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh kesalahan konseptual yang dilakukan siswa yaitu kesalahan tidak memahami informasi apa yang diketahui, kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu kesalahan tidak lengkap dalam menjawab soal dan siswa tidak menyelesaikan pengerjaan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang terjadi karena beberapa faktor, diantaranya: tingkat pemahaman siswa terhadap soal yang berorientasi HOTS kurang, siswa belum terbiasa dengan soal yang berorientasi HOTS, rendahnya pemahaman siswa tentang materi aljabar, dan siswa kurang teliti dalam menjawab soal.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar yang Berorientasi HOTS Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjoid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record