Show simple item record

dc.contributor.authorTafrilyanto, Chairul Fajar
dc.contributor.authorHasanah, Sri Indriati
dc.contributor.authorSeptaria, Dinda
dc.date.accessioned2020-09-28T07:39:02Z
dc.date.available2020-09-28T07:39:02Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAzhar, Ervin. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teori Peluang Berbasis RME Untuk Meningkatkan Pemahaman, Penalaran, Dan Komunikasi Matematik Siswa SLTA. Prosiding. ISBN : 978 – 979 – 16353 – 6 – 3 Budiman, Daniar. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Resiko (Realistic Mathematic Education Setting Kooperatif) Pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Senilai di Kelas VII MTs Al-Muawannah Sidoarjo. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fauzi, Akhmad dkk. (2018). Math Learning with Realistic Mathematics Education Approach (RME) Based On Open Source - Ended to ImproveMathematicCommunication(http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe, diakses tanggal 5 desember 2018) Hasanah, Sri Indriati. (2015). Realistic Mathematics Education With The Sense Of Madurese Culture. Proceding International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research. Makassar. ISBN: 979-604-171-5. Khoiriyah, Siti Waslatun. (2010). Manfaat Alat Peraga Dekak-dekak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bagi Siswa Tunarungu. Tersedia : https://digilib.uns.ac.id diakses pada 15 oktober 2017 Mukhlis. (2005). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga. Tesis Tidak Dipublikasikan. Surabaya: UNESA. Murtie, Afin. (2014). Ensiklopedi Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan naasional. Suharmawan. (2010). Perangkat Pembelajaran, (Online), (http://firanurrahma.wordpress.com/perangkat-kbm/, diakses 9 Desember 2018) Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. USAID. (2015). Sumber Buku untuk Dosen LPTK. Pembelajaran Matematika SD/MI di LPTK. Indonesia: RTI International.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12223
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang. Penelitian ini diawali dengan pembuatan desain pembelajaran dalam bentuk Lesson Planning (Rencana Pembelajaran/RPP), Buku Pegangan Siswa (BPS), Buku Pedoman Guru (BPG), dan Tes Hasil Belajar Siswa (THBS) melalui kegiatan pembelajaran di SLB Asih Mulya Pamekasan. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah Modifikasi Model Thiagarajan atau dikenal dengan istilah 3-D (define, design, dan development). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas RPP mencapai nilai 4,068, BPS sebesar 3,662, BPG sebesar 4,242, dan THBS valid, sehingga layak digunakan tanpa revisi. Selain itu, perangkat pembelajaran tersebut telah mencapai kriteria keefektifan, yakni aktivitas guru efektif dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa efektif dengan toleransi 5%, respon siswa positif terhadap pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan persentase 100%. Hasil tes belajar menunjukkan bahwa secara individual ada 3 siswa yang tuntas, namun secara klasikal belum tuntas, karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan (75% ≤ 85%). Dengan demikian, hasil tes belajar siswa dalam pembelajaran Realistic Mathematics Education di SLB Asih Mulya Pamekasan tidak efektif.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Berkebutuhan Khususid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record