dc.identifier.citation | Andrade. (2008) Self Assessment through Rubrics. Educational Leadership Journal. /January 2008. | Volume 65 | Number 4 Informative Assessment Pages 60-63. Tersedia Online: https://imoberg.com/files/2008_Self-Assessment_through_Rubrics.pdf. Ardiansyah, R. Corebima, A.D, Rohman, F. (2015). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Mata Kuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. 749-752. Arikunto, S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan- Pedoman Teoritis Peraktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara. Depdiknas. (2008). Perangkat Pembelajaran KTSP SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Hakim, A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4(2), 1–12. Retrieved from http://www.theijes.com/papers/v4-i2/Version-3/A42301012.pdf Harahap, J, Sari, N, Pane, S.A, Nuraini. (2019). Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Kimia Kelas XII Semester II Berdasarkan BSNP Sesuai Kurikulum 2013. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2018 yang diselenggarakan oleh Talenta Conference Series. Tersedia Online : https://talentaconfseries.usu.ac.id/st/article/view/341/308 http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/rbi/materi-dan-referensi/permenpanrb-no-16-tahun-2009-tentang-jabatan-fungsional-guru-dan-angka-kreditnya/. Juhanda, A., Wulan A.R., Fitriyani, A. (2015). Pengembangan Asesmen Portfolio Elektronik (APE) dalam Menilai Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Laporan Praktikum Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. (4), 339-345. Khoerunnisa, R.F, Murbangun,N, Sudarmin. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Etnosains Untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education. 5 (1), 48-53. Budinono, E. & Susanto, H. (2006). Penyusunan Dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI) . 4. (2). 79-87. Tersedia online: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/166 Puspita, L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5. (1), 79-88. Tersedia online : https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/22530/12511 Rahdiyanta, Dwi (2016). Teknik Penyusunan Modul. Tersedia online http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul.pdf Ruseffendi, E.T. 2001. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non eksakta lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press. Setiono., Rustaman, N., Rahmat, A., (2018). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Scientific Papers Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Scientific Papers. (January), 2–7. Tersedia Online: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7070 Mulyasa (2011). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24-29 Mulyasa , E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya. Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Perspektif Pendidikan Islam. 28 (3), 1435. Nurajizah, U., Windyariani, S., & Setiono, S. (2018). Improving students’ metacognitive awareness through implementing learning journal. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 105-112. Tersedia online: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/5788 Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Tersedia Online: Jurnal Dedikasi, 13.http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136 Razali, F., Mohd Yusoff, N., & Osman, R. (2017). Kefahaman guru pada pelaksanaan kurikulum 2013 dalam membuat modul pembelajaran di SMKN 3 Kota Banda Aceh.Tersedia Online: http://repo.uum.edu.my/22546/1/ICSoTL%202017%2014%2020.pdf Majid, Abdul. (2006). PerencanaanPembelajaran: MengembangkanStandar Kompetensi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya. Pantiwati, Yuni (2015) Strategi Pembelajaran, Self Assessment, Dan Metakognisi Dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Tersedia online: http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/viewFile/511/734. Widyaningrum, R. Sarwanto, Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioedukasi. 6, (1), 100-117. | id_ID |