Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Mind Mapping terhadap Pengetahuan Mengenai Bahaya Merokok pada Remaja
View/ Open
Date
2020-10Author
Lestari, Septiana
Mustikarani, Innez Karunia
Mardiyah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengetahuan remaja tentang merokok merupakan dominan yang sangat penting dalam pembentukan perilaku. pengetahuan remaja yang belum cukup mengenai bahaya merokok menyebabkan remaja berisiko 4,762 kali untuk merokok. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terus meningkatnya jumlah perokok remaja. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah tingginya angka perokok pada remaja yaitu dengan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan ini menggunakan metode mind mapping. Mind mapping bekerja dengan cara memasukan informasi dari luar kedalam otak dengan cara pencatatan yang efektif dan menggunakan berbagi aspek visual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mind mapping terhadap pengetahuan mengenai bahaya merokok pada remaja. Desain penelitian ini quasi ekperiment dengan pre and post test without control. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah 88 responden. Instrumen yang digunakan merupakan kuesioner pengetahuan tentang bahaya merokok yang berjumlah 29 item soal. Penelitian ini dilaksanaakan sebanyak 2 kali pertemuan dengan durasi 70 menit disetiap pertemuan. Analisa data menggunakan uji wilcoxon test untuk mengetahui adanya pengaruh. Hasil analisa tingkat pengetahuan pre dan post test didapatkan hasil p = 0,000 (p < 0,05) sehingga ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mind mapping terhadap pengetahuan tentang bahaya merokok. Kesimpulan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mind mapping terhadap pengetahuan mengenai bahaya merokok pada remaja.