Cognitive Therapy to Reduce Stress Level Students Who Are Learning at Home During Covid 19
View/ Open
Date
2021-03Author
Prasetyo, Herry
Kuswati, Ani
Wahyudi, W
Sukrillah, Ulfah Agus
Sumedi, Taat
Metadata
Show full item recordAbstract
Perubahan sistem pembelajaran dari offline menjadi online akibat covid
19 dapat membawa dampak stres pada siswa selama kegiatan belajar di
rumah. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan terapi kognitif sebagai
manajemen stres secara individu selama pembelajaran dirumah untuk
menurunkan tingkat stres. Metode penelitian yang digunakan adalah
eksperimen semu dengan desain pre-posttest tanpa kelompok kontrol.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa SMA sebagai responden.
Mereka dibekali dengan pedoman terapi kognitif untuk mengelola stres
mereka selama belajar di rumah. Selanjutnya pengumpulan data
menggunakan Google form Perceived Stress Questionnaire (PSQ)
sebelum dan sesudah terapi kognitif. Selain itu, uji-t digunakan untuk
mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa tingkat stres yang dialami siswa mengalami
penurunan, terutama pada tingkat ringan dan sedang setelah
penatalaksanaan diri menggunakan terapi kognitif. Disarankan agar
terapi kognitif baik bagi siswa untuk menjaga semangat belajar di rumah.